Siapkan Rp 2,9 M untuk Pembatas Area TPU dengan Lahan Warga

PASURUAN–Upaya Pemkot Pasuruan menata sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) terus dilakukan. Selain mengoptimalkan kinerja tim saber makam dalam hal kebersihan, Pemkot juga tetap memperhatikan kondisi infrastruktur penunjang di area TPU.

Di antaranya, membatasi area TPU dengan lingkungan di sekitarnya. “Rencananya, tahun ini memang ada pembangunan pagar di TPU Purut 1,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan Dyah Ermitasari, Jumat (1/3).

Mita –sapaan akrabnya- membeberkan, pembangunan pagar itu dinilai perlu. Mengingat, kondisi TPU Purut 1 berada di Jalan Karangwingko, Kecamatan Purworejo. Pembangunan pagar nantinya akan dilakukan, terutama di sisi selatan dan timur TPU.

Sejauh ini, di sekeliling TPU memang belum sepenuhnya dibatasi pagar. Karena itu, Pemkot berupaya agar pembangunan pagar pembatas itu bisa segera direalisasikan. Sebab, usulan itu juga disampaikan warga setempat dalam Musrenbangkel.

“Untuk yang berbatasan dengan jalan lingkungan, sudah ada pagar pembatasnya. Namun, di bagian dalam, sebagian masih belum ada. Jadi, lokasi pemakamannya itu berdekatan dengan lahan dan rumah warga setempat,” kata Mita.

Menurut dia, pembangunan pagar tersebut akan dibiayai oleh APBD 2019. Pemkot telah mengalokasikan dana Rp 2.917.814.000. Paling cepat, pembangunannya akan mulai dilaksanakan pertengahan tahun ini.

“Sekarang masih dalam tahap perencanaan. Kami berharap, dengan adanya pagar pembatas ini, warga yang rumahnya berdekatan dengan makam tetap nyaman. Batas lahan TPU dengan warga juga lebih jelas,” jelasnya. (tom/hn)