Bakar Sampah, Lahan Kosong di Serma Abdurahman Terbakar

MAYANGAN, Radar Bromo – Kebakaran terjadi di lahan kosong, Jl Serma Abdurahman, RT 7/RW 4, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu siang (31/7). Diduga, kebakaran terjadi akibat ada warga yang membakar sampah sembarangan.

Anggota Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kota Probolinggo Ahmadi menjelaskan, informasi kebakaran diterimanya pukul 07.30. Saat itu api sudah melalap sebagian lahan kosong tersebut. Beruntung sekitar pukul 08.00, api bisa dipadamkan dengan dua unit damkar milik Pemkot Probolinggo.

Diduga api muncul lantaran sebelumnya ada warga yang membakar sampah sembarangan. Lantaran kondisi angin cukup kencang, api merembet dan melumat lahan tersebut. Meski tak ada korban jiwa, kejadian itu sempat membuat panik warga sekitar. Sebab, daerah tersebut termasuk daerah permukiman padat penduduk.

“Saat itu cuacanya cerah, angin kencang. Jadi, hasil pemeriksaan kami, ada warga yang membakar sampah dan ditinggal begitu saja,” terangnya.

Adi –panggilannya- berharap, warga tidak membakar sampah sembarangan. Apalagi sampai ditinggal begitu saja dalam keadaan menyala. Sebab, saat ini sedang musim angin kencang. Hembusan angin bisa membuat api cepat membesar.

Kami imbau dan berharap warga tidak membakar sampah sembarangana. Sebab, angin saat ini di Probolinggo cukup kencang,” harapnya. (rpd/hn)