Wajibkan Pedagang Bawa Surat Kesehatan Bagi Warga Luar Probolinggo bila ke Pasar Hewan

KRAKSAAN, Radar Bromo – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo telah melakukan uji coba operasional pasar hewan. Ada sejumlah aturan khusus yang akan diterapkan. Salah satunya, pedagang dari luar Probolinggo diwajibkan memiliki surat keterangan sehat saat berdagang di pasar hewan.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan, uji coba dilakukan untuk memastikan kepatuhan pedagang dan pengunjung dalam menerapkan protokol kesehatan. “Operasional pasar hewan sudah mendapatkan izin, namun dilakukan secara bertahap. Aturan khusus untuk pedagang dari luar Probolinggo, harus memiliki surat keterangan sehat,” ujarnya.

Menurutnya, upaya tegas ini dilakukan untuk meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19 di pasar hewan. Pengelola pasar juga diwajibkan mengecek surat keterangan sehat sebelum memasuki areal pasar hewan. “Transaksi di pasar hewan tidak hanya dilakukan oleh pedagang lokal. Namun, juga pedagang dari luar. Jadi, perlu ada aturan yang tegas agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di klaster pasar hewan,” jelasnya.

Selama masa uji coba, juga dilakukan evaluasi tingkat kepatuhan. Baik penerapan protokol kesehatan maupun tingkat kepatuhan saat melakukan transaksi. Pedagang dan pengunjung tidak diperkenankan berkerumun saat bertranksaksi. Hanya beberapa orang yang terlibat langsung dalam proses jual beli yang diperkenankan. “Tidak boleh berkerumun, pihak penjual dan pembeli saja yang boleh melakukan transaksi,” ujarnya.

Dwijoko menyampaikan agar uji coba yang telah dilakukan di Pasar Hewan Maron, Sabtu (27/6), berjalan sesuai harapan. Sebab, dibukannya pasar hewan merupakan stimulus untuk mengembalikan perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan akibat pandemi.

“Tentunya kami tak ingin masyarakat mengalami dampak yang berlarut-larut. Namun, kami juga membutuhkan kerja sama masyarakat untuk mematuhi aturan dengan baik,” ujarnya. (ar/rud/fun)