Puskesmas Pariwisata Ditarget Bulan Depan Mulai Digarap

SUKAPURA, Radar Bromo – Rencana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo merehabilitasi Puskesmas Sukapura menjadi Puskesmas Pariwisata, terus dimatangkan. Kini, telah memasuki tahapan lelang dan ditargetkan bisa digarap mulai pertengahan bulan depan.

Kasubbag Perencanaan Dinkes Kabupaten Probolinggo Wahyuni mengaku, terus memantau perkembangan proyek ini agar telaksana dengan baik. “Masih lelang. Terus kami kawal sampai terealisasi. Sebab, rehab harus terlaksana sesuai rencana yang telah disusun sebelumnya. Paling tidak Juli tanggal 15 sudah mulai jalan,” ujarnya.

Proyek ini akan dilaksanakan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 5 miliar. Dokumen pendukung lain yang diperlukan terus dilengkapi. Puskesmas ini nantinya difungsikan sebagai puskesmas pariwisata.

Perencanaan benar-benar diperhatikan agar sesuai standar. Upaya ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien yang sedang berwisata di Sukapura. Sarana, prasarana, dan fasilitas yang pendukung tindakan medis yang harus dilengkapi berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75/2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Pelayanan kesehatannya juga disesuaikan. Selain penanganan medis, juga akan dilengkapi layanan pijat refleksi. Layanan ini merupakan satu-satunya yang disediakan Puskesmas di Kabupaten Probolinggo. Selama proses rehab, tenaga medis juga akan dipersiapkan. Termasuk dalam penguasaan bahasa asing.

“Nantinya akan dilengkapi layanan pijat refleksi untuk menangani pasien yang kecapekan pasca berwisata. Ini masih kami konsep. Yang paling penting saat ini rencana rehab harus tepat waktu,” ujar Wahyuni. (ar/rud/fun)