PN Kraksaan Siapkan Sidang Teleconference selama Wabah Korona

CARA KONVENSIONAL: Suasana sidang perkara di PN Kraksaan, sebelum ada wabah Covid-19. Dalam pekan ini, PN Kraksaan akan menerapkan sidang teleconference. (Foto: M Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Mahkamah Agung (MA) memberikan Surat Edaran (SE) persidangan di tengah pandemik korona. Dalam edaran itu, MA membolehkan sidang dilakukan dengan cara teleconference. Yaitu sidang yang dilakukan secara online.

Dalam SE yang diterima Jawa Pos Radar Bromo bernomor 379/ DJU / PS.00/3/2020 menjelaskan, kepada pimpinan pengadilan bahwa selama masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus korona, persidangan perkara pidana dapat dilakukan secara jarak jauh atau teleconference.

Untuk pelaksanaannya, dalam surat itu dijelaskan agar pengadilan melakukan koordinasi dengan kejaksaan negeri dan rutan/lapas terkait, dengan tetap memperhatikan ketentuan undang -undang yang berlaku.

Yudistira, Humas Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan membenarkan mengenai adanya edaran itu. Menurutnya, pihaknya sendiri telah melakukan persiapan mengenai pelaksanaan sidang. Baik tempat dan juga alat alat yang akan digunakan telah disiapkan.

“Kalau untuk PN, kami sudah siap peralatan dan jaringannya. Untuk penerapannya kami mulai minggu ini,” katanya.

Menurutnya, bagi yang berperkara akan bersidang di tempatnya masing masing. Hakim bersidang di PN, sedangkan jaksa dan saksi sidang di Kejaksaan, untuk terdakwa dan pengacaranya di rutan. “Sudah kami koordinasikan. Jadi masing masing yang berperkara di tempatnya masing masing,” jelasnya.

Hari ini, Lanjut Yudistira, pihaknya bersama kedua instansi lainnya akan melakukan percobaan. Jika dalam percobaan berjalan lancar maka, sidang pertama dalam minggu ini akan dilakukan secara online.

“Besok kami akan cek kesiapan semuanya dan uji coba. Kalau sudah oke, sidang pidana hari Kamis (2/4) depan kami laksanakan sidang teleconference,” terangnya.

Sementara itu Yasin, Kasubsi Pengelolaan Rutan Kelas II B Kraksaan mengatakan, pihaknya untuk menjalankan sidang secara teleconference telah menyiapkan ruangan. Saat ini, ruangan tersebut telah dilengkapi dengan peralatan yang digunakan untuk sidang tersebut. (sid/fun)