4 Persen Kuota Haji di Kab Probolinggo untuk Lansia

DRINGU, Radar Bromo – Calon jamaah haji (CJH) yang sudah lanjut usia (lansia) bisa sedikit bernapas lega. Sebab, kini mereka bisa mendapatkan prioritas untuk berangkat lebih awal. Dalam undang-undang juga sudah diatur, dari total kuota CJH, 4 persen untuk lansia.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Probolinggo Taufiq mengatakan, tahun ini Kabupaten Probolinggo mendapatkan kuota 841 CJH. Namun, pihaknya belum mengetahui jumlah kuota untuk CJH lanjut usia (lansia).

Taufiq mengatakan, dalam aturan terbaru, CJH usia 65 tahun sudah masuk kategori lansia. Karenanya, keberangkatan mereka bisa diprioritaskan. Namun, tetap berdasarkan urutan pendaftaran dan kuota di Provinsi Jawa Timur.

Karenanya, bagi CJH yang berusia 65 tahun, secara otomatis urutannya dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji dan Umrah Terpadu (Siskohat) akan naik sesuai kuota. Karena sudah diatur di aplikasi Siskohat, maka tidak perlu mengajukan ke kantor Kemenag.

“Kuota lansia itu 4 persen dari kuota Jawa Timur sekitar 35 ribu orang. Nanti kuota 4 persen itu di aplikasi Siskohat akan memunculkan calon jamaah usia paling tua. Jika usia tertua 70 tahun, maka diprioritaskan yang berusia 70 tahun dulu. Jika masih belum penuhi kuota 4 persen, diambil usia di bawahnya lagi,” jelasnya. (mas/rud/fun)