alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Dana Banpol di Kab Probolinggo Tahun 2021 Tak Naik

DRINGU, Radar Bromo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memastikan rencana hibah dana bantuan politik (banpol) tahun depan sama dengan tahun ini. Jumlahnya masih sekitar Rp 905 juta. Karena hingga pengesahan APBD 2021, tidak ada petunjuk aturan dari pusat soal kenaikan dana banpol.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto saat dikonfirmasi mengatakan, dana banpol tahun sudah dialokasikan di APBD 2021. Ada 8 parpol yang bakal menerima banpol tersebut. Namun, untuk nilai tiap parpolnya, masih ada di data kantor.

”Dana banpol tidak ada kenaikan, sama dengan tahun ini. Sudah dialokasikan di APBD 2021 sekitar Rp 905 juta,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Ugas menjelaskan, dana banpol pun diharapkan bisa dimaksimalkan oleh parpol untuk kegiatan partainya. Namun, kegiatan tersebut untuk sosialisasi dan pendidikan politik. ”Kami berharap dana banpol itu bisa dimanfaatkan secara maksimal,” harapnya.

Disinggung soal dana banpol tahun ini? Ugas mengungkapkan, untuk pertama kalinya dana banpol cepat terealisasi penyerapannya. Itu setelah pihaknya berupaya jemput bola dan tekan parpol untuk segera urus realisasi kegiatan banpol. Mengingat, tahun-tahun sebelumnya realisasi penyerapan dana banpol sering terlambat dan tidak terealisasi penuh.

”Kalau dana banpol tahun ini sudah habis terserap. Parpol juga sudah laporkan pertanggungjawabannya. Untuk pertama kalinya dana banpol terserap dengan cepat. Kalau dibanding tahun kemarin, pertengahan tahun anggaran dana banpol belum terserap sama sekali,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU