alexametrics
26C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Enam Bulan Terjadi 12 Kebakaran, Mayoritas karena Human Error

KRAKSAAN, Radar Bromo – Kebakaran masih kerap terjadi di Kabupaten Probolinggo. Sampai minggu kedua Juni, sudah terjadi 12 kebakaran. Mayoritas disebabkan kelalaian warga.

Humas Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo Sholehudin mengatakan, kejadian kebakaran sampai saat ini tidak banyak. Sebab, masih belum sepenuhnya masuk kemarau yang memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi.

“Dari data yang ada, pada Januari ada 4 kejadian. Februari, 2 kejadian; Maret, 3 kejadian; April, 1 kejadian; dan Juni, 2 kejadian yang sudah kami tangani,” ujarnya.

Menurutnya, dari kejadian itu penyebab terjadinya kebakaran mayoritas karena kelalaian warga. Sebanyak 7 kasus karena warga membakar sampah yang kemudian ditinggal. Sisanya, merupakan kebakaran akibat kebocora gas yang tidak disadari warga.

“Memang kebakaran banyak terjadi karena human eror, jadi hal yang sepele bisa jadi bencana. Sehingga, dapat menimbulkan kerugian materiil yang cukup banyak,” tuturnya.

Kebakaran, menurut Sholehudin, dapat diantisipasi jika warga dapat meningkatkan kewaspadaan. Utamanya, saat menyalakan api dengan melakukan pengawasan hingga api benar-benar padam. Tak hanya itu, saat memasak menggunakan gas, pemeriksaan saluran gas perlu dilakukan secara berkala.

“Potensi kebakaran dapat terjadi dan juga dapat dihindari jika setiap warga meningkatkan kewaspadaan. Masuk musim kemarau kami harap warga tidak sembrono membakar sampah. Pastikan api benar-benar padam sebelum ditinggalkan,” harapnya. (ar/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU