alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Rehab Tiga Pasar Sudah Rampung, Sisakan Pasar Paiton

KRAKSAAN, Radar Bromo- Sepanjang 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo telah memperbaiki empat pasar dengan anggaran Rp 8.349.827.553,51. Namun dari empat pasar itu, satu pasar belum rampung. Padahal, masa pengerjaannya hanya tinggal menghitung hari.

Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Probolinggo Andi Wiroso mengatakan, anggaran itu diperuntukkan untuk empat pasar daerah di Kabupaten Probolinggo. “Ada Pasar Besuk, Pasar Lumbang, dan Pasar Bucor, yang telah selesai direhab. Yang keempat, Pasar Paiton, pembangunannya masih dalam proses penggarapan,” ujarnya, kemarin.

Andi menjelaskan, anggaran perbaikan pasar ini berasal dari sumber berbeda. Untuk Pasar Bucor dan Besuk, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Sedangkan, anggaran untuk Pasar Lumbang menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Yang Pasar Paiton, anggarannya terbesar. Rp 3.513.310.046,18 sumber dananya melalui TP (Tugas Pembantuan) dari Pemerintah Pusat. Sebab, program ini berkaitan dengan program seribu pasar oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Andi mengatakan, sejatinya pengerjaan revitalisasi Pasar Paiton sudah mencapai 100 persen. Namun, masih ada sejumlah pekerjaan ringan yang perlu dirampungkan.

“Proses penyelesaiannya bermacam-macam sesuai berat rehap yang dilakukan. Ada yang 90 hari kalender, 112 hari kalender, dan ada yang 120 hari kalender. Pasar Paiton perbaikannya sudah mencapai 100 persen. Hanya menyisakan pekerjaan yang ringan saja. Kami optimistis akan selesai pada 31 Desember nanti,” ujarnya. (mg1/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU