alexametrics
25.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Jumlah Pemilih di Kab Probolinggo Naik usai Pemilu

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pasca Pemilu 2019 April tahun lalu, jumlah pemilih di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, hingga Maret lalu mencatat, data warga yang memiliki hak suara dalam pemilu saat ini mencapai 885 ribu lebih.

Komisioner KPU setempat Zamroni mengatakan, hingga kini data pemilih berkelanjutan yang ada di Kabupaten Probolinggo mencapai 885.614 orang. Hal ini mengalami peningkatan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu tahun lalu yang angkanya mencapai 884.636.

“KPU Jatim di Divisi Data memang meminta laporan data pemilih berkelanjutan setiap bulannya dari Januari lalu. Sampai kini ada tambahan 978 orang untuk data pemilih berkelanjutannya,” kata Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data tersebut.

Sedangkan dalam pendataannya, KPU setempat memiliki kendala. Hal itu disebabkan, kerja sama dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat terbentur peraturan dari Kemendagri yang tidak membolehkan pihak Disukcapil untuk memberikan data ke pihak lain. Pihaknya pun tidak bisa memastikan data tersebut merupakan angka pasti dari data pemilih yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kami meminta data warga yang telah melakukan perekaman e-KTP, namun karena terbentur peraturan dari Kemendagri bahwa data itu tidak boleh disebarkan ke pihak lain. Akhirnya, yang kami dapat hanya angka saja, tidak dengan by name by address-nya,” ujarnya.

Selain hal tersebut, kendala lain yang dialami pihaknya dalam melakukan pendataan terhadap data pemlih berkelanjutan itu adalah minimnya laporan akan adanya warga yang berpindah domisili. Ataupun yang sudah meninggal dunia.

“Makanya kami akan terus melakukan pendataan untuk memperbaiki data yang ada sekaligus mengawal perubahan data pemilih yang ada di sini,” ujarnya. (mg1/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Remaja Muneng Dibegal di Jl Brantas; Ditodong Airsoftgun, Vario Raib

Usai memepet korban, pelaku langsung mencabut kunci motor korban.

PKL Durian Pasar Wisata Cheng Hoo Dikeluhkan Pedagang

Keberadaan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL) durian.

Pengembangan Olahan Produk Pertanian Terkendala Ini

Mengolah hasil pertanian bisa menjadi salah satu upaya mengatasi rendahnya harga hasil pertanian saat panen raya.

Jika Masih Tersisa, Dana Desa Bisa Disalurkan untuk BLT

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo masih memproses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

Kuota Pupuk Subsidi Kab Probolinggo Tahun Depan Berkurang

Di Kabupaten Probolinggo tercatat ada 133.817 petani yang masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).