Pusat Gelontor Rp 300 Juta untuk Program Nasional Penyediaan Air Minum

DRINGU, Radar Bromo – Ketersediaan Air Bersih untuk Masyarakat Pedesaan menjadi perhatian Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Probolinggo. Tahun ini, Dinas Perkim mendapatkan alokasi dana untuk Program Nasional Penyediaan Air Minum (Pamsimas) sekitar Rp 300 juta dari pusat. Rencananya, dana segitu akan digunakan melakukan pemasangan water meter (WM).

Kepala Dinas Perkim Prijono mengatakan, bahwa saat ini rencana pemasangan WM pada saluran rumah yang sebelumnya sudah dilakukan. Pematangan rencana pemasangan WM terus dilakukan oleh Dinas Perkim. “Saat ini masih kami bicarakan, termasuk pemetaan wilayah mana saja yang nantinya akan dibangun WM,” ujarnya.

Menurutnya, Pamsimas yang ada di pedesaan bertujuan agar masyarakat desa bisa mendapatkan kualitas air yang bersih. Selain itu, agar masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Terkadang masyarakat yang tinggal dipedesaan mengabaikan pola hidup bersih, kotoran dan sampah dibuang ke sungai. Dimana sungai juga dipakai untuk kebutuhan air sebagian masyarakat desa,” pungkasnya. (ar/fun)