Perlu Bangun Sarpras Ranu Segaran Bila Jadi Venue Cabor Dayung

TIRIS, Radar Bromo – Destinasi wisata Ranu Segaran di Kecamatan Tiris, dianggap layak menjadi venue cabang olahraga (cabor) dayung. Untuk memastikan kesiapan venue pada Porpov Jatim 2023 mendatang, KONI Kabupaten Probolinggo meminta tambahan pembangunan sarana prasarana (sarpras).

Hal itu disampaikan Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar. Saat dikonfirmasi, Chalid mengatakan, rencana Porprov 2023, ada beberapa venue cabor yang layak menjadi tuan rumah. Selain venue cabor paralayang di puncak Seruni Point di Sukapura, Ranu Segaran di Tiris juga layak jadi venue cabor dayung Porprov.

Venue di Kabupaten Probolinggo yang juga layak dan bisa jadi tuan rumah adalah cabor dayung di Ranu Segaran Tiris,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, kemarin.

Namun, diakui Chalid, butuh adanya penambahan fasilitas sarpas yang harus segera dibangun di Ranu Segaran. Sehingga, saat menghadapi Porprov 2023, Ranu Segaran itu benar-benar siap untuk dijadikan tuan rumah cabor dayung. Mengingat, pagelaran Porprov 2023 yang akan diadakan di Kota/Kabupaten Probolinggo dan Kota/Kabupaten Pasuruan, tinggal 3 tahun lagi.

”Ranu Segaran diharapkan mulai dicicil untuk penambahan bangunan sarprasnya. Ada waktu tahun ini, dan 2021-2022 untuk siapkan semua itu,” katanya.

Disinggung soal kebutuhan sarpras yang perlu dibangun di Ranu Segaran? Chalid mengatakan, penambahan sarpras perlu dilakukan seperti tempat ruang ganti yang perlu diperbanyak, bangunan tempat start dan finisnya. Bahkan juga keamanan di sekeliling Ranu Segaran.

”Perlu nantinya melihat venue cabor dayung di daerah lain yang pernah jadi tuan rumah porprov. Sehingga, bisa ada gambaran fasilitas apa saja yang perlu ada,” katanya. (mas/fun)