PDAM Mulai Petakan Wilayah Pergantian Water Meter

DRINGU, Radar Bromo – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Probolinggo mulai memetakan wilayah pergantian water meter (WM). Upaya ini dilakukan untuk menindaklanjuti alokasi dana sebesar Rp 400 juta dari Pemkab Probolinggo melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkim).

Kabag Hubungan Langganan PDAM Hari Supriyanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendata wilayah mana saja yang akan dilakukan pergantian WM. Pengecekan satu-per satu WM dilakukan secara bertahap.

“Sesuai dengan pembagian yang telah ditentukan yakni wilayah barat dan wilayah timur, maka petugas PDAM sudah melakukan pengecekan langsung untuk pemetaan wilayah pergantian WM,” ujarnya.

Ada beberapa pertimbangan WM yang akan dilakukan pergantian. Seperti mengalami kerusakan atau usia WM yang sudah mencapai lima tahun. Sehingga, WM tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Karena hal ini, di lapangan ditemukan beberapa WM mengalami kendala saat perekaman yakni ketidakcocokan antara jumlah pemakaian dengan catatan pemakaian air.

“Karena usianya sudah cukup lama, ditemukan beberapa WM yang mengalami eror. Dimana jumlah perekaman tidak cocok dengan jumlah pemakaian yang menyebabkan kerugian,” tuturnya.

Dari hasil pengecekan dan pemetaan, didapati sebanyak 400 WM yang rencananya akan diganti. Rinciannya, yakni PDAM unit Patalan sebanyak 100 WM, unit Leces sebanyak 50 WM, unit Dringu sebanyak 50 WM, unit Banyuanyar 50 WM, unit Condong 50 WM, unit Kraksaan 50 WM, dan unit Pedagangan 50 WM. (ar/fun)