alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Kaji Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Zona Hijau

PROBOLINGGO,Radar Bromo – Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, terus berusaha memperluas uji coba pembelajaran tatap muka. Setelah melaksanakan uji coba di enam kecamatan, kini sejumlah kecamatan terus dikaji untuk menerapkannya.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengaku, tidak hanya menyiapkan tambahan dua SDN di 6 kecamatan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tetapi, juga mengkaji untuk memperluas pelaksanaannya di kecamatan lain. Sehingga, makin banyak lembaga pendidikan yang menggelar pembelajaran tatap muka.

“Tetapi, semua tetap uji coba. Karena uji coba di enam kecamatan berjalan sesuai harapan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami akan perluas dengan mengadakan uji coba di kecamatan lain,” ujarnya, kemarin.

Ia menegaskan, kajian itu hanya untuk kecamatan yang konsisten zona hijau dalam beberapa pekan terakhir. Bila tidak konsisten, dipastikan belum bisa diterapkan uji coba pembelajaran tatap muka. “Kami amati beberapa pekan terakhir ada beberapa kecamatan di luar enam kecamatan yang konsisten zona hijau, ujar Rozi.

Selama ini, ada enam kecamatan yang sejumlah lembaga pendidikannya menggelar uji coba pembelajaran tatap muka. Yakni, di Kecamatan Lumbang, Wonomerto, Sumber, Kuripan, Tiris, dan Kecamatan Krucil. Setiap kecamatan ada satu SDN dan satu SMPN yang diizinkan menggelar uji coba.

“Di Enam kecamatan itu nanti akan tambah dua SDN untuk uji coba pembelajaran tatap muka. Sedangkan, di kecamatan baru nanti tetap bertahap satu SDN dan satu SMPN,” jelasnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, dalam beberapa pekan terakhir cukup banyak kecamatan yang konsisten masuk zona hijau dalam penyerbaran Covid-19. Di antaranya, Kecamatan Sukapura, Bantaran, Tegalsiwalan, Pakuniran, dan Kecamatan Kotaanyar. (mas/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU