Pemkab Probolinggo Evaluasi Sekaligus Susun Program DBHCT Tahun Ini

KRAKSAAN, Radar Bromo– Pemkab Probolinggo melalui Bagian Perekonomian dan SDA melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2019. Evaluasi itu juga untuk menyusun program DBHCHT tahun anggaran 2020. Hasilnya, penggunaan DBHCT pada 2019 lalu dinilai sudah tepat.

Kabag Perekonomian dan SDA Setda  Susilo Isnadi mengatakan, perlu adanya sinkronisasi, harmonisasi serta penyelarasan penggunaan DBHCHT antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta Pemerintah daerah. “Tujuannya menyamakan persepsi dan pemahaman terkait diberlakukannya PMK Nomor 222 Tahun 2017 bagi SKPD pengelola,” katanya.

Pagu DBHCHT 2019 lalu didaerahnya sebesar 58.497.791.409. Dana tersebut kemudian dibagi habis pada 17 OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo. Dari total pagu tersebut, 50 persen diantaranya ditujukan untuk bidang kesehatan yang mendukung JKN sebesar Rp 29.701.691.614. Sisanya non-kesehatan sebesar Rp 28.796.099.795.

“Di Jawa Timur, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah yang menerima alokasi DBHCHT besar. Oleh karena itu, DBHCHT ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya berikut dengan pertanggungjawabannya. Jika pertanggungjawabannya masih kurang, silahkan dilengkapi, baik foto kegiatan maupun bukti-bukti yang lainnya,” jelasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah setempat, Mahbub Zunaidi juga mengatakan, DBHCT merupakan salah satu komponen sumber dana yang dapat dimanfaatkan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi. Tujuannya, agar mampu menyediakan lapangan kerja, melaksanakan pembinaan kemampuan dan keterampilan kerja masyarakat. Untuk menumbuhkan wirausaha baru dan kegiatan alih profesi bagi buruh pabrik rokok yang sudah gulung tikar.

Lebih lanjut, pelaksanaan DBHCT tahun anggaran 2019 dengan total anggaran Rp. 58.497.791.409 dan realisasi penyerapan sebesar 90,14 persen. Pada umumnya telah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi dalam pelaksanaannya di masa yang akan datang.

“Dan ini saatnya peran kita bersama dalam memberikan masukan, pandangan dan arahan bagaimana mengelola anggaran DBHCHT dengan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya. (sid/fun)