Lanjutkan Kerjasama Pihak Ketiga untuk Retribusi Parkir di 34 Pasar

RAPI: Tempat parkir di Pasar Semampir, Kraksaan, yang penuh akan kendaraan pengunjung. Disperindag menggandeng pihak ketiga dalam pengelolaan parkir di 34 pasar daerah di Kabupaten Probolinggo. (Foto: Agus Faiz Museleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo– Selama tahun 2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, menggandeng pihak ketiga untuk pengelolaan parkir di 34 pasar daerah milik Pemkab Probolinggo. Hasilnya, retribusi parkir di pasar tercapai seratus persen. Lantaran hasilnya bagus, Disperindag berencana melanjutkan kerjasama dengan pihak ketiga tersebut.

Kabid Pasar Disperindag setempat Andi Wiroso mengatakan, pihakya memang sengaja melibatkan pihak ketiga dengan perjanjian target retribusi harus tercapai. Terbukti pada tahun lalu, target retribusi tercapai.

“Kami kerjasama dengan Pengurus Anak cabang (PAC) Ansor Kraksaan untuk mengurus parkir ini. Dengan perjanjian target retribusi harus tercapai. Terbukti dari target retribusi parkir pasar Rp 80 juta, sudah tercapai. Tahun ini pun masih akan bekerja sama dengan PAC Ansor Kraksaan,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama yang di lakukan dengan PAC Ansor itu menggunakan  perjanjian yang mengharuskan target retrebusi parkir harus tercapai. Bukan, kerjasama yang memiliki perjanjian bagi hasil.

“Model kerjasamanya tetap, dan saat ini untuk kontraknya masih sedang dalam proses perpanjangan dengan pihak PAC Ansor. Sedangkan model perjanjiannya adalah harus selesaikan target retribusi,” ujarnya.

Disisi lain, bidang pasar ada 2 target PAD, yakni retribusi pasar yang tahun ini mencapai Rp 3,85 miliar, dan retribusi parkir pasar sebesar Rp 80 juta. Untuk retribusi parker, pihaknya tidak akan melakukan kenaikan target. Berbeda dengan targer retribusi pasar yang naik.

“Untuk PAD retrebusi parkir, targetnya tetap. Sedangkan untuk retrebusi pasar naik, dari Rp 3,7 miliar menjadi 3,85 miliar,” ujarnya. (mg1/fun)