Stadion Gelora Merdeka Sudah Mulai Dimanfaatkan usai Dibenahi

KRAKSAAN, Radar Bromo – Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, telah selesai diperbaiki. Stadion tersebut sudah bisa dimanfaatkan. Minggu (22/12), stadion ini bahkan digunakan untuk turnamen sepak bola usia 14.

Sugeng Winarto, kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo mengatakan, setelah sekian lama tidak ditempati kejuaraan, Stadion Gelora Merdeka kembali bida digunakan untuk turnamen bola. “(Stadion) Ini sudah layak untuk ditempati turnamen. Mulai hari ini sudah kami lakukan untuk kegiatan turnamen bola,” katanya.

Meskipun saat ini telah selesai diperbaiki dan sudah bisa dimanfaatkan, Disporaparbud tetap akan melakukan pembenahan selanjutnya. Termasuk, perawatan rutin. “Kami akan terus melakukan pembenahan tentunya. Sehingga, bisa terus dimanfaatkan fasilitasnya,” ungkapnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kondisi stadion memang lebih bagus. Untuk rumputnya sendiri, layak untuk digunakan pertandingan sepak bola level kompetisi. Rumput tersebut, telah standar, sesuai dengan yang ditentukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ia juga menjelaskan, saat ini Stadion Gelora Merdeka hanya tinggal penambahan aksesori. Yaitu, seperti tribun utama dan track atletik. Rencananya, fasilitas tersebut akan dibangun 2020 mendatang. “Insyaallah 2020 akan terealisasi untuk penambahan fasilitas itu. Semakin lengkap,” tandasnya.

Ditegaskannya, ke depan peruntukan Stadion Gelora Merdeka hanya akan digunakan untuk kepentingan olahraga. Stadion tersebut, tidak akan ditempati kegiatan-kegiatan lainnya seperti halnya konser, bazar, dan acara lainnya. Ini, bertujuan untuk menjaga rumput lapangan agar tidak rusak.

“Kami akan menjaga rumputnya agar tidak rusak. Karena itu, ke depan kegiatan olahraga saja yang boleh dilakukan. Untuk lainnya tidak boleh,” terangnya. (sid/fun)