alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Produksi Budi Daya Ikan Bisa Meningkat saat Musim Hujan

DRINGU, Radar Bromo – Masuknya musim hujan diyakini Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo dapat mempengaruhi produsi ikan budi daya akan meningkat. Sehingga hal tersebut menjadi alasan tercapainya target pada ikan budidaya tahun ini.

“Beberapa bulan ini sudah masuk pada musim hujan. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada produksi. Pada Oktober lalu produksi mencapai 1.112,16 ton. Dengan produksi ini kami yakin dapat menuntaskan target capaian ikan budi daya tahun ini,” ujar Wahid Noor Aziz, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Probolinggo.

Wahid mengatakan, musim hujan cukup mempengaruhi dalam produksi ikan budi daya yang dilakukan pembudi daya lantaran ikan tidak kerap terserang penyakit yang dapat menyebabkan gagal panen akibat suhu. Sehingga ikan yang dibudi daya mudah mati. Hal ini berbeda pada para pembenih ikan.

“Kalau pada para pembenih saat biasanya mudah mengalami gagal panen. Hal itu lantaran bibit atau telur tidak mudah menetas,” ujarnya.

Pada tahun ini target capaian pada ikan budi daya sendiri adalah 9.825,1 ton. Selain yakin pada musim hujan ini, Wahid menuturkan beberapa upaya dilakukan oleh pihaknya, salah satunya melakukan kontrol langsung terhadap para pembudi daya di wilayah setempat.

“Pembinaan dengan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kami lakukan kepada pembudi daya. Tidak hanya itu, kami juga sering silaturahmi ke para pembudi daya agar dapat mengetahui kendala di lapangan, dari sanalah kami beri solusi agar nanti hasil produksinya dapat berkembang, minimal tidak gagal panen,” beber dia.

Untuk terget ikan budi daya ini diharapkan mencapai 12.471 ton. “Kami optimistis tercapai. Sebab panen pada beberapa pembudi daya kembali akan dilakukan hingga akhir tahun,” ujarnya. (mu/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU