alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Butuh Tambahan Ambulans-Nakes untuk Puskesmas Sukapura

SUKAPURA, Radar Bromo – Tahun ini, Puskesmas Sukapura mendapatkan satu unit armada ambulans baru. Karena Puskesmas Sukapura bakal menjadi Puskesmas Pariwisata, diusulkan ada tambahan armada mobil ambulans untuk pelayanan unit gawat darurat. Mengingat Sukapura masuk kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN).

Kepala Puskesmas Sukapura, dr Harip Supriadi mengatakan memang sejauh ini untuk operasional ambulans dirasa masih kurang. Apalagi untuk mengevakuasi wisatawan saat butuh penanganan medis. “Terbaru dapat dropping mobil ambulans dari Dinas Kesehatan tahun 2017 lalu. Makanya kami usulkan agar ada tambahan ambulans yang baru. Biar optimal untuk pelayanan terhadap wisatawan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Selain usulkan tambahan armada mobil ambulans dikatakan Harip, ada tambahan tenaga kesehatan (nakes). Supaya bisa memaksimalkan pelayanan terhadap segala hal di bidang kesehatan. Paling tidak menambah satu shift di UGD. Selama ini masih berjalan dua shift.

”Jadi ketika ada lahiran, kemudian masih ada tindakan lain, armada itu dirasa kurang. Makanya kami mengusulkan juga tambahan nakes bila nanti gedung utama kami sudah selesai dibangun,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Sodiq Tjahjanto saat dikonfirmasi mengatakan, hampir semua puskesmas membutuhkan tambahan armada mobil ambulans. Untuk tahun depan, jika memungkinkan bisa ditambah armada mobil ambulans untuk Puskesmas Sukapura. ”Tahun depan kalau ada pengadaan, bisa ditambah mobil ambulans untuk Puskesmas Sukapura,” ujarnya.

Disinggung soal pembangunan Puskesmas Sukapura? Sodiq mengatakan, sejauh ini pembangunan sudah sesuai rencana dan tidak ada hambatan. Karena itu, pembangunan tetap harus rampung sebelum akhir Desember bulan depan. Sehingga, tahun depan fokus untuk melengkapi fasilitas di dalam puskesmas tersebut. ”Target pembangunan rampung akhir tahun ini,” tuturnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU