alexametrics
24.8 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Masuk Penghujan, Petani di Kab Probolinggo Mulai Beralih Tanam Padi

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pergantian varietas tanam pada lahan pertanian di Kabupaten Probolinggo, memang sering terjadi. Bahkan di tahun ini, selesai musim tembakau para petani kebanyakan kembali menanam varietas padi di lahannya.

Alih tanam ini terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo. Termasuk di tujuh wilayah yang sebelumnya menjadi sentral tembakau. Di antaranya Kraksaan, Krejengan, Besuk, Kotaanyar, Paiton, Pakuniran, dan Gading.

“Kebiasaan para petani memang setelah tembakau akan dilanjut dengan tanam varietas padi. Jadi, wilayah yang biasanya tanam tembakau, maka akan kembali ditanami. Bahkan ada yang memang satu tahun atau tiga kali panen itu padi terus,” ujar Arif Kurniadi, Kasi Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, lahan pertanian padi di daerah setempat memiliki produktivitas sekitar 5,2 ton per hektare. Menurut Arif, produktivitas padi pada masa peralihan tanam ini akan dipengaruhi oleh bagaimana peolahan lahan dari padar petani setempat.

“Pengolahan dan perawatan lahan itu mempengaruhi produktivitas padi. Paling tidak agar produktivitasnya dapat terjaga. Filosofi hasil dari tanah dikembalikan ketanah itu harus digunakan. Dalam artian, sebesar apa yang didapat saat panen, maka jumlah yang sama juga harus diberikan pada lahan tersebut,” ujarnya.

Disamping itu, Arif menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga mengupayakan beberapa hal guna menjaga lahan pertanian petani setempat. Salah satunya melakukan pengadaan bantuan obat-obatan bagi para petani apabila ada serangan hama besar-besaran.

“Beberpaa uapaya untuk mendorong pertanian agal berhasil sudah kami persiapkan. Termasuk menyiapkan pestisida di dalam gudang kami apabila ada serangan hama besar-besaran,” ujarnya. (mu/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).