Selama Ramadan, Tenaga Kesehatan di RSUD Tongas Dapat Ekstra Puding

TONGAS, Radar Bromo – Ditetapkannya RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo, sebagai rumah sakit khusus pasien Covid-19, terus mendapatkan perhatian. Tak hanya fasilitasnya yang dilengkapi, Pemkab Probolinggo menjamin makanan dan minuman sehat dan bergizi bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Khususnya selama Ramadan. Para nakes mendapatkan makanan ekstra berupa puding. Mulai dari susu, telur, dan vitamin. Meski sajian makanan saat berbuka puasa dan sahur dalam bentuk nasi kotak.

Hal itu diungkapkan Direktur RSUD Tongas Hariawan Dwi Tamtomo, beberapa waktu lalu. Sesuai instruksi Bupati Probolinggo, pihaknya diminta memperhatikan gizi dan nutrisi makanan dan minuman para nakes. Baik nakes yang tengah kebagian piket di RSUD ataupun saat istirahat di hotel.

“Selama Ramadan kami berikan tambahan ekstra puding untuk para nakes. Ekstra puding itu seperti menu susu, madu, telur, dan vitamin. Mereka dipersilakan untuk mengonsumsi semua itu,” ujarnya.

Selain itu, kata Hariawan, prinsip pemberian makanan dan minuman bagi para nakes juga memperhatikan protokoler kesehatan. Tempat makan yang digunakan bersifat sekali pakai dan langsung buang. Selanjutnya, ada pengolahan bekas tempat makanan supaya yang keluar dari ruang RSUD benar-benar steril dan tidak terpapar korona.

“Saat makan pun kami terapkan penggunaan masker dan physical distancing. Karena itu, pencegahan penularan dan sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19,” jelasnya. (mas/rud/fun)