PLN Perbaiki Tiang Miring dan Kabel Kendor di Gading, Lanjut Kontrol Aliran

DIBENAHI: Petugas ULP PLN Kraksaan membenahi tiang dan kabel JTR yang selesai diperbaiki, lantaran sebelumnya sepat miring. (Foto: ULP PLN Kraksaan for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GADING, Radar Bromo – Kabel jaringan tenaga listrik rendah (JTR) dan tiang listrik yang miring, di Desa Nogosaren, Kecamatan Gading, sudah diperbaiki. Perbaikan dilakukan Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Kraksaan. Selepas perbaikan, PLN akan terus melakukan kontrol pada fasilitas milik pihaknya. Guna untuk melakukan antisipasi gangguan listrik yang menyebabkan padam.

Kepala manajer ULP PLN Kraksaan Muhammad Syafi’i mengatakan, kontrol fasilitas aliran listrik akan terus dilakukan. Sesuai dengan kegiatan yang biasa pihaknya lakukan, seperti rabat pohon dan pengecekan di wilayah yang rawan aliran listriknya terganggu.

“Kabel listrik JTR dan tiang listrik yang miring di Desa Nogosaren sudah kami perbaiki. Setelah ini akan lanjut pada pengontrolan berkala tiap harinya, seperti yang biasa dilakukan,” ujar Syafi’i.

Sebelumnya pada perbaikan tiang listrik yang miring, Syafi’i mengatakan, ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Pertama, kenali kondisi tiang apa masih memungkinkan untuk ditegakkan kembali. Apabila tiang bisa ditegakkan, maka akan langsung dilaksanakan penegakannya.

“Biasanya pada tiang yang miring terdapat keretakan. Bila keretakan tidak terlalu parah dan masih memungkinkan, kami tegakkan kembali dengan cara tiang miring ditarik dengan seling baja berlawanan dengan arah kemiringan tiang,” ujarnya.

Seling baja ditarik menggunakan chain blok. Sebelum ditarik, pihaknya akan melakukan penggalian di sekitar, agar lebih ringan pada saat penarikan. “Ditarik kondisi tiang berdiri tegak lurus, kemudian kami tutup galian dengan batu dan tanah sampai padat. Sehingga pada waktu seling baja, dilepas kondisi tiang tetap tegak lurus,” ujarnya.

Kabel JTR dan tiang listrik yang miring itu sebelumnya terjadi di Rt 14 RW 04 Desa Nogosaren Kecamatan Gading. Kejadian tersebut cukup meresahakan warga setempat. Sebab lokasinya berdekatan dengan jalan yang biasanya digunakan warga untuk beraktivitas. (mg1/fun)