alexametrics
25.9 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Puting Beliung Rusakkan Rumah di Tiris

TIRIS, Radar Bromo – Masuk musim hujan, bencana angin kencang perlu diwaspadai. Sebab bencana ini dapat sewaktu-waktu terjadi. Seperti angin puting beliung yang terjadi di Dusun Sumanbito, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris. Pohon tumbang menimpa sebuah rumah hingga mengalami kerusakan cukup berat, Jumat (20/11) sore.

Peristiwa ini terjadi usai hujan deras dengan durasi cukup lama, mengguyur wilayah Tiris dan sekitarnya. Selang beberapa menit kemudian disusul dengan angin kencang di Desa Pesawahan.

“Hujan turun sekitar pukul 15.00. Awalnya hanya hujan deras, namun setengah jam datang angin kencang. Angin paling kencang terasa di Dusun Sumanbito,” ujar Pj. Kepala Desa Pesawahan, Hullusi.

Angin kemudian berhembus semakin kencang. Saat pukul 16.30, angin puting beliung menghantam beberapa pohon yang ada di pemukiman warga. Hantaman yang begitu kencang menyebabkan pohon sengon yang ditanam warga roboh.

“Puluhan pohon sengon tumbang karena angin. Ada satu rumah milik Sentot, warga RT 4/RW 1 Dusun Sumanbito rusak berat tertimpa pohon mangga,” katanya.

Hullusi menjelaskan bahwa saat kejadian, Sentot tidak berada di rumah. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun demikian pemilik rumah mengalami kerugian materiil yang cukup banyak. Pasalnya rumah dan beserta isinya rusak tertimpa pohon dan kondisinya nyaris rata dengan tanah.

“Rumah itu berukuran sekitar 7 x 10 seluruh isi rumah hancur. Termasuk barang elektronik yang ada di rumah. Taksiran kerugian mungkin bisa mencapai Rp 70 juta,” tuturnya.

Sementara itu Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan wilayah. Pasca kejadian, proses pembersihan belum maksimal dilakukan. Sehingga proses pembersihan puing bangunan dan penebangan pohon yang tumbang baru bisa dilakukan Sabtu (21/11) pagi.

“Menunggu kondisi lebih baik agar tidak ada korban jiwa, akhirnya pembersihan dilakukan keesokan hari. Relawan sudah bersiaga di lapangan melakukan pemantauan. Tidak hanya itu, kami juga sudah berkoordinasi untuk segera memberikan bantuan logistik pada korban,” ujar Aries. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Awal Mengeluh Greges, Nakes RSUD dr Saleh Positif Covid-19 Meninggal

Sumarsono meninggal setelah sempat dirawat selama 7 hari di RSUD dr Moh Saleh.

Hendak Parkir, Truk Tertabrak Motor di Nguling

Saat berbelok ke arah utara, sopir truk tak mengetahui ada motor melaju dari arah barat ke arah timur.

Guru Dituntut Kreatif Mengajar di Tengah Pandemi  

Di saat pandemi, tugas guru tidak hanya sebagai pengajar tapi juga pembelajar, karena harus menemukan ide kreatif agar pembelajaran tetap menyenangkan.

Kali Wrati Masih Tercemar, Dewan Soroti Pengalihan Limbah

Polemik limbah yang mencemari sungai Wrati di Kecamatan Beji belum berakhir.

Perbaikan Jalan di Kab Probolinggo Dilanjut Hingga Akhir Tahun

Adanya perbaikan tersebut tidak terlepas dari adanya perubahan anggaran (P-APBD) yang dilakukan pihak PUPR