alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

12 Ribu Penerima BPNT Urung Disalurkan Karena Hal Ini

PROBOLINGGO, Radar Bromo ­- Penanganan dampak pandemi virus korona terus dilakukan. Sejauh ini Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo mempunyai kuota penambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dari kuota yang diperoleh, sebanyak 12.833 KPM BPNT tidak tersalurkan.

Perluasan KPM BPNT merupakan salah upaya pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi. Sejak pandemi melanda, jumlah KPM BPNT pun ditambah. Berdasarkan data Kementerian Sosial, Kabupaten Probolinggo mendapatkan kuota penambahan BPNT sebanyak 48.688 KPM. Untuk memperoleh data yang valid, jumlah tersebut kemudian dilakukan proses verifikasi data di lapangan.

“Bulan April lalu ada penambahan KPM BPNT dari pusat, tapi masih ada proses lanjutan. Sehingga tidak semua KPM yang sudah terdata secara otomatis memperoleh bantuan,” ujar Koordinator BPNT Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Mustahiqul Ilmi.

Setelah dilakukan proses verifikasi di lapangan, ditemukan sebanyak 12.833 KPM BPNT yang tidak tersalurkan. Sebab KPM yang sebelumnya tedata saat dilakukan pemeriksaan tidak memenuhi memenuhi syarat dan dinyatakan tidak valid. Yakni sudah masuk kategori mampu; KPM saat dilakukan pengecekan sesuai alamat tidak ditemukan; dan terdapat data ganda.

“Karena tidak memenuhi syarat maka tidak kami salurkan dan laporkan kembali kepada pusat. Karena bantuan memang harus benar-benar diterima KPM,” katanya.

Sedangkan data yang telah dinyatakan valid, BPNT yang menjadi haknya segera disalurkan untuk meringankan kebutuhan KPM ditengah pandemi. Proses pembagian bantuan kepada KPM BPNT pun dilakukan secara bertahap. Setidaknya membutuhkan 5 tahap pembagian yang harus dilakukan. Selain itu, tim yang ada dilapangan juga melakukan pengawasan dan evaluasi kepada KPM yang saat ini telah mendapatkan BPNT.

“Sejatinya perluasan KPM memang bertujuan untuk meringankan warga yang terdampak pandemi. Tentu perlu dilakukan pengawasan dan evaluasi di lapangan agar bantuan benar-benar sampai pada penerima manfaat,” ucapnya. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Mastrip  

Pohon tumbang inipun cepat dievakuasi, karena berada tak jauh dari kantor Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Sopir Ngantuk, Dua Dump Truk Adu Moncong di Purwosari  

Truk yang disopiri Komarudin tiba-tiba melaju ke jalur berlawanan hingga tertabrak truk lain.

Truk Terguling di Cangkringmalang Beji, Muatan Pupuk Tercecer

Kecelakaan itu memicu kemacetan di jalur pantura.

Para Ahli Pastikan Vaksin yang Digunakan Aman dan Efektif

Keberadaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting

Lantik Pengurus Pusat JMSI, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran JMSI akan semakin melengkapi berbagai entitas kelembagaan pers yang telah lahir sebelumnya.