alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Cair, Pinjaman Pemkab Probolinggo Rp 9,3 M dari PT SMI

DRINGU, Radar Bromo – Pengajuan pinjaman dana oleh Pemkab Probolinggo pada pihak ketiga akhirnya disetujui. PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur) siap mencairkan pinjaman tahun 2020 sebesar Rp 9,3 Miliar. Tetapi, pinjaman tahun 2021 sebesar Rp 129 Miliar belum disetujui.

Selasa (20/10), Pemkab Probolinggo yang diwakili Kepala Badan Keuangan Daerah dan Bappeda Kabupaten Probolinggo, telah menandatangani kerja sama dengan PT. SMI terkait pinjaman itu. Setelah itu, pinjaman akan dicairkan.

”Ini baru saja selesai tandatangan kerja sama dana pinjaman untuk tahun 2020,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina.

Dewi menjelaskan, PT. SMI baru menyetujui dan merealisasikan pinjaman dana untuk tahun 2020. Sedangkan pinjaman dana tahun 2021 sebesar Rp 129 Miliar belum disetujui.

Selanjutnya, pinjaman sebesar Rp 9,3 Miliar itu akan dicairkan bulan ini. Sementara untuk pengembaliannya, pemkab memiliki tenggang waktu 6 bulan.

Dilanjutkan Dewi, pengembalian pinjaman pada pihak ketiga itu tidak dikenai bunga. Hanya biaya komitmen dan pengelolaan, seperti halnya biasa administrasi.

“Nilai biaya komitmen dan pengelolaan ini, juga kecil. Pinjaman Rp 9,3 Miliar, biayanya sekitar Rp 111 juta. Jadi nanti pemkab mengembalikan sekitar Rp 9,4 Miliar,” terangnya.

Dewi menjelaskan, dana pinjaman tersebut sudah dimasukkan dalam Perubahan APBD 2020. Bahkan, sudah direncanakan untuk membiayai sejumlah kegiatan pembangunan. Antara lain, pembangunan infrastruktur jalan Rp 2,9 Miliar, infrastruktur sumberdaya air Rp 1,2 Miliar dan lingkungan hidup sekitar Rp 5,1 Miliar.

“Karena pinjaman tahun 2021 belum disetujui, sambil melaksanakan kegiatan dengan sumber anggaran dana pinjaman untuk tahun 2020, kami juga akan urus pinjaman tahun 2021,” terangnya.

Untuk diketahui, Pemkab Probolinggo mengajukan pinjaman dana sekitar Rp 9,3 miliar untuk kebutuhan kegiatan melalui P-APBD 2020. Pinjaman dana diajukan ke pihak tiga. Yaitu PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur).

Saat itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Dewi Korina menjelaskan, selama pandemi Covid-19 pendapatan daerah yang bersumber dari pusat banyak dikurangi. Di sisi lain, pemkab butuh anggaran untuk menjaga percepatan pembangunan infrastruktur selama pandemi. (mas/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.

Pembuangan Bayi di Bermi Krucil, sang Ibu Jadi Tersangka

Setelah melahirkan, pelaku langsung meninggalkan bayinya. Itu dilakukan agar tidak ada orang yang tahu dirinya telah melahirkan.