Siapkan Parkir Portal di Alun-alun Kraksaan Agar Lebih Aman

KRAKSAAN, Radar Bromo – Setelah pengerjaan renovasi alun-alun Kraksaan selesai, Pemkab Probolinggo kini fokus untuk menata parkir disana. Nantinya pengelolaannya akan ditangani Dinas Perhubungan (Dishub). Penataan parkir juga akan nyaman karena rencananya akan memakai sistem portal.

Kepala Dishub kabupaten setempat Heri Sulistyanto mengatakan, pihaknya diberi mandat untuk mengelola parkir di alun-alun Krkasaan. “Untuk semua kegiatan parkir di 2020 memang diserahkan kepada pihak kami. Untamanya ditempat yang menjadi aset daerah, bukan swasta,” ujarnya.

Heri menambahkan, penerapan parkir di alun-alun akan dilaksanakan ketika Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) selaku pihak yang diberi tanggung jawab untuk melakukan renovasi, menyelesaikan pekerjaannya. “Realisinya mamasih menunggu Perkim selesai pemasangan pagar. Sampai sekarang kan pintu masuk bagian pinggir alun-alan masih menggunakan tong. Agar kendaraan tidak bisa masuk ke dalam alun alun. Kalau itu sudah selesai, baru kami mulai pengelolaan parkirnya,” ungkapnya

Ia menambahkan, untuk lokasi parkir yang berada di sebelah timur dan barat alun alun, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan. Termasuk melakukan beberapa survei kebeberapa tempat parkir di pusat keramaian.

“Persiapan dimulai dari pengambilan sample di tempat parkir yang ramai. Sehingga nanti dalam pengelolaannya bisa dilakukan dengan baik,”ujarnya..

Selain itu,dalam mengantisipasi hal yang tidak diingikan seperti pencurian, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan melakukan pengadaan portal parkir. “Mungkin nanti penambahan portal. Pemasangan berfungsi agar kendaraan yang keluar-masuk di parkiran bisa terlihat. Sehingga meminimalisir hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. (mg1/fun)