Polisi Perketat Keamanan Wilayah Kraksaan, Terutama di Lokasi Ini

IKON: Alun-alun Kota Kraksaan yang menjadi ikon Kabupaten Probolinggo. Polsek Kraksaan dan Satpol PP sepakat memperketat pengamanan di wilayah Kraksaan untuk menekan pelanggaran hukum. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Maraknya kejadian pelanggaran hukum di Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mendapat perhatian serius aparat keamanan. Polsek Kraksaan bersama Satpol PP Kabupaten Probolinggo, sepakat memperketat keamanan di daerahnya.

Kapolsek Kraksaan AKP Sujianto mengatakan, wilayah Kraksaan, khusunya Alun-alun Kota Kraksaan merupakan ikon Kabupaten Probolinggo. Bila adanya ikon ini tidak bisa memberikan rasa aman dan damai kepada khalayak umum, maka akan memberi pandangan buruk bagi Kabupaten Probolinggo.

Dengan maraknya kejadian yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung Alun-alun, seperti kejadian pencurian, mabuk-mabukan, hingga tawuran, pihaknya akan meningkatkan keamanan di area Alun-alun Kota Kraksaan.

“Ikon itu menggambarkan suatu wilayah. Agar bisa terus menjaga nama baik Kota Kraksaan, kami akan meningkatkan keamanan di wilayah Kraksaan. Khususnya, malam Minggu di Alun-alun,” ujarnya.

Dalam realisasinya, Sujianto mengatakan, akan menambahkan personel kepolisisan untuk memantau situasi pada malam Minggu. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Satpol PP. “Peningkatan keamanan ini juga akan melibatkan pihak lain untuk memudahkan pemantauan,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Probolinggo Harianto, mengatakan sejauh ini pihaknya sudah melakukan kegiatan rutin untuk menciptakan kondusivitas Kota Kraksaan.

Salah satunya dengan rutin berpatroli di area Alun-alun Kota Kraksaan, Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Pondok Pesantren Toroyan, dan jalan baru di belakang SMAN 1 Kraksaan. “Patroli itu juga sudah menjadi kegiatan rutin. Di samping untuk menjaga kondusivitas wilayah, juga untuk menurunkan angka kenakalan remaja,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, agenda Satpol PP Kabupaten Probolinggo menggelar razia pada Sabtu (18/1) malam lalu, menemui kendala. Saat hendak menggelar razia di sejumlah titik, Satpol PP menemukan aksi tawuran sejumlah remaja di sekitar Alun-alun Kraksaan. Empat orang berhasil diamankan. Salah satunya mengalami luka bacok di bagian tangan dan harus dilarikan ke rumah sakit. Mendapati kejadian ini, anggota Polsek Kraksaan juga langsung mendatangi lokasi kejadian. (mg1/rud/fun)