Tim Tanggap Bencana Ikut Edukasi Warga soal Covid-19

GENDING, Radar Bromo – Karang Taruna Patriot Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending, Probolinggo, membentuk tim tanggap bencana. Tim ini dibentuk guna menanggulangi bencana alam dan nonalam yang ada di daerahnya.

Pembentukannya sesuai dengan program untuk membangun desa. Maklum, di desa Brumbungan Lor sering terjadi bencana alam seperti puting beliung dan banjir. Dengan adanya tim tanggap bencana ini, kegiatan kebencanaan seperti evakuasi dan penyediaan dapur umum darurat dapat dilakukan cepat.

“Kegiatan sosial ini sudah sering kami lakukan karena puting beliung dan banjir sering terjadi,” tutur Faqih Rizky Muhammad, ketua Karang Taruna Desa Brumbungan Lor.

Selain bencana alam, menurutnya, juga mengedukasi masyarakat mengenai Covid-19. Mengenai itu, masyarakat perlu diedukasi agar mengerti apa itu Covid-19 dan bagaimana melakukan pencegahannya.

“Dengan begitu, maka mereka aman. Sebab, mengerti bagaimana cara menanggulangi dan juga paham bagaimana harus bertindak,” jelasnya.

Karta Patriot juga memprakarsai pengobatan gratis untuk umum bersama ke Bid Dokkes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Jatim. Dalam kegiatan yang sudah berlangsung tiga bulan itu, dokter-dokter akan mendatangi warga yang sakit dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kegiatan ini dibantu lima orang dokter dan 12 orang staf medis. Warga yang tidak sakit pun ikut memeriksakan diri seperti cek gula darah dan pengecekan medis lainnya,” katanya.

Berkat program-program inspiratifnya itu, Karang Taruna Patriot kini menjadi tempat belajar banyak desa lain di Probolinggo. Menurut Faqih, tim Tangguh Bencana Brumbungan Kor makin sering diminta untuk mengisi acara di beberapa desa. Biasanya untuk berbagi informasi terkait program-program karang taruna agar memotivasi lainnya.

“Beberapa waktu lalu, kami dapat kesempatan sharing di Karang Taruna Kandang Jati. Beberapa desa juga sudah minta saya berbagi ide kreatif ini,” ungkap Faqih sambil tersenyum.

Pria berumur 20 tahun itu menjelaskan, program Karang Taruna Patriot difokuskan pada tiga aspek utama. Peningkatan pengetahuan, pelayanan kesehatan, dan tanggap bencana. “Kami berusaha menjalankan program-program yang membumi, yang jadi kebutuhan warga desa. Kami yakin anak muda bisa berbuat lebih banyak untuk kemajuan desanya sesuai potensi desa,” jelasnya. (sid/fun)