Dinilai Kurang Representatif, Puskesmas Kuripan Bakal Direlokasi

KURIPAN, Radar Bromo – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo tahun ini berencana merelokasi Puskesmas Kuripan. Sebab, lokasi Puskesmas Kuripan saat ini dianggap kurang representatif.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr Anang saat dikonfirmasi membenarkan rencana relokasi Puskesmas Kuripan tersebut. Itu, dilakukan untuk meningkatan kenyamaman dan pelayanan kepada masyarakat. Karena pelayanan harus didukung dengan sarana prasarana yang memadai.

”Tahun ini kami ada rencana relokasi satu puskesmas. Direncanakan Puskesmas Kuripan yang diprioritaskan untuk segera direlokasi,” katanya.

Anang mengungkapkan, Puskesmas Kuripan menjadi prioritas relokasi karena kurang representatif kondisinya. Di antaranya, lahan dan bangunan fisik kurang luas. Bahkan, lahan parkir yang digunakan saat ini menggunakan lahan milik warga.

”Sekarang masih tahap perencanaan. Rencananya, Puskesmas Kuripan akan direlokasi di sekitar SMP Kuripan dan SDN Kedawung. Tetapi, semua masih tahap perencanaan,” terangnya.

Anang mengaku, melihat kemampuan APBD Kabupaten Probolinggo. Karena itu, tidak bisa langsung membenahi semua puskesmas.

Seperti halnya tahun 2019, ada beberapa puskesmas yang direlokasi. Mulai Puskesmas Pajarakan dan Puskesmas Banyuanyar. Kemudian, tahun ini rencana relokasi satu puskesmas.

”Relokasi puskesmas di sini dalam artian, membangun baru gedung puskesmas. Jika jadi dibangun tahun ini, maka Puskesmas Kuripan akan pindah tahun berikutnya,” ungkapnya. (mas/hn)