alexametrics
30.7 C
Probolinggo
Thursday, 26 November 2020

KPU Rencana Perpanjang Sewa Gudang untuk Tampung Limbah Logistik

KRAKSAAN, Radar Bromo – Penghapusan Limbah Logistik Pemilu yang belum dilakasanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten probolinggo, berdampak pada tempat penyimpanan. Alhasil, KPU Kabupaten Probolinggo berencana memperpanjang sewa dua gudang karena kontraknya akan habis Februari 2020.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan, rencana perpanjang kontrak untuk menampung sisa logistik pemilu, bertujuan untuk mengantisipasi molornya penghapusan atau lelang limbah hasil pemilu 2019. “Surat izin dari pihak KPU RI untuk pelelangan juga masih turun. Sekalipun turun, proses eksekusi limbah itu biasanya memakan waktu lama. Sehingga membutuhkan waktu tambahan pada penyimpanan limbah logistik,” ujarnya saat ditemui Selasa (17/12) lalu.

Menurut Lukman, kontrak pada gudang yang di gunakan hingga sekarang, akan selesai pada Desember tahun ini. sehinga, apabila akan ada penambahan maka akan dilakukan pada bulan januari dan februari.

Ada dua gudang yang digunakan untuk menampung limbah pemilu yang digunakan KPU. Satu berada di Kelurahan Semampir dan satu lagi di Kelurahan Kebunagung, sama-sama di Kraksan. Kedua gudang itu memeliki kontrak dan harga yang berbeda.

Kepala Subbagian (Kasubag) KPU kabupaten Probolingo Darso menjelaskan, untuk gudang yang berada di Semampir memiliki harga sewa Rp 8,4 juta. Sedangkan untuk gudang yang berada di Kebunagung itu sewanya Rp.12 Juta.

“Uang sewa itu sudah termasuk pajak yang kami bayar kepada pemerintah yakni 20 persen. Sehingga, apabila perpanjang kontrak gudang terjadi, maka angkanya akan ada di sekitar itu.” ujarnya.

Di sisi lain, dalam proses pemusnahan limbah logistik pemilu, sudah masuk pada penimbangan sepuluh ribu lima ratus kotak suara yang berisikan dokumen-dokumen. Termasuk surat suara milik KPU yang dilakukan oleh PT Pos Kraksaan dan nantinya data yang dikumpulkan akan diajukan ke KPU RI. (mg1/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Tarik Retribusi di Pasar Warungdowo-Purwosari

Setelah selesai dibangun, selama belum ada serah terima resmi dari pusat ke daerah, belum bisa ditarik retribusi.

20 Raperda jadi Prioritas Tahun 2021 di Kab Probolinggo

Tahun depan diperkirakan ada 20 rancangan peraturan daerah atau Perda Kabupaten Probolinggo yang bakal dibahas.

Temukan Sejumlah Proyektil saat Eskavasi Goa Jepang

Proses eskavasi di Goa Jepang, di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, memasuki hari ketiga.

Kasus Covid-19 Tinggi, Wali Kota Probolinggo Akan Tutup Pasar Tugu

Penutupan pasar yang digelar saban Sabtu dan Minggu di alun-alun itu dirasa perlu demi melindungi warga dari serangan korona.

Kasus Positif di Kota Pasuruan Meningkat usai Libur Panjang

Di Kota Pasuruan, kasus Covid-19 kembali tinggi. Diduga, hal itu merupakan dampak libur panjang pada akhir Oktober lalu.