alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

PAC PKB Tegalsiwalan Tarik Laporan Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan

PAJARAKAN, Radar Bromo – Sempat melaporkan DPC PKB Kabupaten Probolinggo dengan dugaan pemalsuan tanda tangan, akhirnya PAC PKB Tegalsiwalan menarik laporannya. Laporan yang dilakukan ke Polres Probolinggo itu ditarik, Rabu (16/9).

Pencabutan laporan dilakukan Ketua PAC PKB Tegalsiwalan Sutikno dengan didampingi pengurus DPC PKB Kabupaten Probolinggo. Juga lima ketua ranting di PAC Tegalsiwalan.

Namun, pencabutan laporan itu tidak semudah membalikan telapak tangan. PAC dan lima ranting harus membuat surat pernyataan. Setelah itu, surat pernyataan diserahkan pada pihak kepolisian.

“Harus membuat surat pernyataan dulu. Ini dilakukan karena laporan sudah masuk,” kata seorang penyidik yang enggan disebutkan namanya.

Sutikno menjelaskan, laporan itu dicabut setelah dia meyakini bahwa tanda tangannya asli dan tidak ada pemalsuan. Juga tujuannya untuk menjaga marwah partai.

“Setelah saya pikir-pikir saya cabut. Memang benar saya Sabtu (12/9) memberi kuasa kepada LSM dan melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan oleh DPC PKB. Tapi ternyata telah saya pikir mendingan saya cabut. Dan ini tidak ada paksaan,” ungkapnya.

Juru bicara DPC PKB Kabupaten Probolinggo Mustofa mengatakan, pencabutan itu merupakan bukti bahwa tidak ada konflik di tubuh PKB. Dan apa yang dilakukan oleh PAC Tegalsiwalan murni keinginan pribadi.

“Sudah dicabut. Tidak ada seperti apa yang dituduhkan. Kami tetap solid,” terangnya.

Suhada, LSM yang mendapatkan kuasa melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan saat dikonfirmasi mengatakan, belum mengetahui tentang pencabutan laporan itu. Sebab, Sutikno tidak memberitahu dirinya.

“Saya belum tahu. Tetapi, dia kan sudah memberikan kuasa terhadap saya. Kenapa sekarang dicabut,” ungkapnya.

Meski demikian menurutnya, laporan itu tetap berlaku. Sebab, tidak ada surat pencabutan kuasa pada pihaknya. “Proses hukum jalan terus,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa waktu lalu gabungan LSM melaporkan DPC PKB Kabupaten Probolinggo atas dugaan pemalsuan tanda tangan dan penyalahgunaan dana bantuan partai politik (Banparpol). Yang diduga dipalsu yaitu tanda tangan 21 PAC.

Salah satunya, PAC Tegalsiwalan. PAC Tegalsiwalan akhirnya melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan ke Polres Probolinggo dengan memberikan kuasa pada Suhada. Namun, PAC Tegalsiwalan kemudian mencabut laporan itu.

Sementara itu, pengurus DPC PKB Kabupaten Probolinggo menegaskan, dugaan penyelewengan yang dituduhkan pada partainya adalah sebuah fitnah. Karena itu, DPC PKB kemudian melaporkan balik gabungan LSM ke Polres Probolinggo. Gabungan LSM itu dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik. (sid/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.