alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Bantuan Bronjong Aliran Sungai Sudah Terpasang di Lima Titik

KRAKSAAN, Radar Bromo – Upaya menjaga aliran sungai terus dilakukan Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo. Di antaranya dengan memberi bantuan berupa bronjong ke beberapa daerah yang tanggul sungainya jebol.

Hingga September, bantuan yang diberikan masih di lima lokasi yang berbeda. Meski begitu bantuan tersebut sudah mencapai sekitar 50 persen lebih dari stok bantuan yang dipersiapkan.

Kepala Dinas PUPR Rachmad Waluyo melalui Kasi Sumber Daya Air (SDA) Rahma mengatakan, hingga September ini permintaan bronjong dan sandbag sudah mencapai 50 persen lebih. Di mana bantuan tersebut telah diberikan di lima lokasi yang berbeda.

“Terakhir Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, dan Patalan. Selebihnya juga tersebar di lokasi yang berbeda. Dari kelima tempat ini, bantuan yang telah didistribusikan sekitar 50 persen lebih dari pengadaan barang bronjong dan karung zak,” ujarnya, Jumat (18/9).

Tahun ini, jumlah bronjong yang disediakan oleh pihak PUPR adalah 165 lembar, dengan diameter 1 kali 3 meter dan 4 ribu karung sak. Total anggaran dari pengadaan barang tersbut adalah Rp 117 juta. Anggaran tersbut menurun dibandingkan pada tahun lalu, yakni Rp 140 juta.

Rahma melanjutkan, pada pendistribusian bronjong sendiri dilakukan apabila suatu daerah atau desa mengirimkan permintaan bantuan kepada pihaknya. Bantuan ini khususnya diberikan kepada daerah yang mengalami kejadian longsor pada aliran sungai yang menyebabkan air tidak normal.

“Pemberiannya mengikuti kebutuhan di lapangan. Jadi saat suatu desa membutuhkan bantuan ini, kami cek ke lokasi. Untuk selanjutnya menyesuaikan bantuan yang akan diberikan,” ujarnya.

Rahma menjelaskan, penanganan darurat bantuan bronjong ini adalah salah satu upaya dalam melindungi dan memperkuat tebing tanah. Baik di lereng sungai atau lereng tanggul. Selain itu menjaga tepi sungai terhadap aliran air dan juga erosi. (mu/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.