Kalipedati Resmi Dikelola Pokdarwis Kalianan, Pemkab Siapkan Pembangunannya

KRUCIL, Radar Bromo­ – Potensi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo terus dikembangkan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Langkah awal pengembangan potensi wisata ini dilakukan dengan memberikan surat keputusan (SK) kepada pengelola wisata.

Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, pengembangan potensi wisata untuk kawasan air terjun Kalipedati ini akan dilakukan secara bertahap. Baik dari segi pengelolaan maupun dari sektor pembangunan sarana dan prasarana.

“Beberapa waktu lalu sudah kami terbitkan SK pengelolaan kepada Pokdarwis yang ada di wisata air terjun Kalipedati,” ujarnya. Adapun Pokdarwis tersebut berada di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil.

Pemberian SK tersebut merupakan langkah awal agar di lokasi potensi wisata itu, terbentuk suatu pengelolaan yang baik. Struktur kepengurusan untuk pengelolaan air terjun Kalipedati dibentuk dan diusulkan melalui musyawarah desa. Setelah dibentuk, kemudian dibuatkan dan diterbitkan SK untuk pengelola. Harapannya ketika dilakukan pembangunan baik sarana dan prasarana, pengelola sudah siap.

“Setiap potensi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo ke depan pasti akan kami kembangkan, pengembangan air terjun Kalipedati juga masih kami ajukan,” jelasnya.

Menurutnya, pengembangan wisata ini perlu dilakukan secara bertahap dan harus ada sinergi yang melibatkan OPD lain. Agar potensi wisata yang ada benar-benar maksimal ketika dikembangkan.

“Tentunya dalam proses pengembangan wisata tidak hanya dibebankan kepada Dinas Pariwisata, namun harus bersinergi antar OPD, terutama pihak desa yang memiliki wilayah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kalianan Suciati mengatakan bahwa pihaknya juga turut mengembangkan kawasan wisata ini dengan membangun akses jalan menuju air terjun Kalipedati. “Kami juga akan bangun akses jalan menuju wisata tersebut baik berupa jalan rabat beton ataupun jalan makadam, kami harap potensi wisata ini ke depannya bisa lebih berkembang menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Tak hanya itu pemerintah desa juga telah membangun beberapa gazebo yang dapat gunakan untuk beristirahat pengunjung. Yang letaknya di areal parkir, pertengahan perjalanan, dan dua gazebo di areal air terjun. (ar/fun)