Kaji Pengambilan Air Ranu Pane untuk Hotel di Kawasan Wisata Bromo

TEMPAT MENGINAP: Salah satu hotel di kawasan Bromo beberapa waktu lalu. Pemkab Probolinggo berkeinginan mengambil air dari Ranu Pane di Lumajang, yang rencananya akan dipasok untuk tempat penginapan di Bromo. (Foto: Zainal Arifin/Radar Bromo)

Related Post

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Pemkab Probolinggo berencana mengkaji pengambilan air bersih dari kawasan Ranu Pane Lumajang. Itu, dilakukan untuk mengatasi air bersih di kawasan wisata Gunung Bromo, khususnya di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura dan sekitarnya.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Probolinggo Prijono. Menurutnya, memang sudah ada rencana untuk pengambilan dari kawasan Ranu Pane. Tetapi, sampai saat ini pihaknya masih belum mengetahui kelanjutan soal tersebut.

“Kemarin dapat informasi kalau di kawasan Ranu Pane airnya sudah berkurang dan tidak bisa diambil. Makanya, harus ada kajian ulang,” katanya.

Rencana tersebut, berawal dari keluhan sejumlah pengusaha dan warga sekitar kawasan Gunung Bromo yang kekurangan air bersih. Karenanya, pemkab akan bekerja sama dengan Pemkab Lumajang untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo Digdoyo Djmaluddin mengatakan, untuk persolan air bersih seharusnya sudah ada solusi. Mengingat Gunung Bromo menjadi andalan wisata di Indonesia.

“Kalau dari Lumajang sudah sampai sini, kita sudah bisa entas dari krisis air bersih. Solusinya sebenarnya bukan kereta gantung, tapi membenahi fasilitas prasarana sarana yang ada di Bromo, yang akan disuguhkan ke tamu betul-betul layanan ditingkatkan,” ujarnya.

Karena kondisi itu pula, tak bisa dipungkiri harga sewa hotel dan restoran di kawasan Gunung Bromo tak bisa dikatakan murah. Sebab, para pelaku wisata di kawasan itu harus membeli air dari bawah.

“Makanya harapan kami ada sumber mata air yang memang bisa memasok ke hotel. Karena memang air ini sangat sulit di sini,” terangnya.

Ia berharap, ada kerja sama antara Kabupaten Probolinggo dan Lumajang soal ketersediaan air. Sehingga, kebutuhan air bersih di kawasan tersebut bisa tercukupi. “Ya memang salah satunya dari Lumajang. Karena di kawasan Lumajang masih ada sumber mata air yang bisa sampai ke kawasan ini,” tuturnya. (sid/fun)