Angin Kencang Mulai Sering Terjadi, Warga Mulai Tebangi Pohon Rawan

KREJENGAN, Radar Bromo – Sudah beberapa kali insiden pohon tumbang karena angin kencang terjadi di Kabupaten Probolinggo. Di antaranya bahkan ada yang mengenai atap bangunan milik warga maupun fasilitas publik. Warga yang khawatir bencana terulang, kini mulai mengantisipasinya dengan menebang pohon rawan.

Antisipasi itu dilakukan di lingkungan rumah warga di kawasan terdampak bencana. Salah satunya dilakukan warga Desa Sentong, Kecamatan Krejengan. Masyarakat sekitar terlihat sibuk menebangi pohon di sekitar rumah, khususnya pepohonan yang sudah menua.

“Pohon yang berdekatan dengan rumah, kami tebang. Entah itu pohon berukuran kecil ataupun besar. Ini sebagai antisipasi khawatir ada puting beliung lagi,” ujar Kholilur Rahman, Jumat (17/1).

Tak hanya menebang pohon, menurut pria berusia 27 tahun itu, warga sekitar juga bergotong royong mengecek atap dari satu rumah ke rumah warga lainnya. “Kalau ada genting ataupun kayu penyanggah atap yang rusak, langsung kami ganti. Waspada, sedia payung sebelum hujan kalau istilahnya,” ujarnya.

Selain di Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, penebangan pohon juga dilakukan di jalur pantura Probolinggo-Situbondo. Tepatnya di ruas jalan raya Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan.

“Kalau tidak ditebang sekarang, takut dibawa angin kencang. Malah tambah pekerjaan dan biaya yang lebih banyak lagi,” ujar Jalil, warga sekitar.

Sebagaimana diketahui, puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Probolinggo pada Jumat (3/1) sore. Akibatnya, 210 rumah warga rusak dengan 205 rumah rusak ringan dan 5 rumah rusak berat hingga roboh.

Di sisi lain, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengatakan, antisipasi bencana memang harus dilakukan. “Mengingat Kejadian kemarin (angin puting beliung), seharusnya warga memang harus memangkas pohonnya. Sebab, pohon dan nyawa itu masih lebih berharga nyawa. Syukur kejadian puting beliung yang terjadi tidak memakan korban,” ujar Sugeng Suprisayoga, kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo. (mg1/fun)