Tes SKD CPNS Pemkab Probolinggo Digelar Bersesi, Ini Jadwalnya

DRINGU, Radar Bromo Pemkab Probolinggo telah pastikan hanya 5.813 peserta yang penuhi syarat sebagai peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020. Mereka pun akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mulai 1 hingga 8 Pebruari 2020 nanti.

Tes SDK yang merupakan bagian dari seleksi CPNS, akan dilaksanakan di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo. Hanya saja, tidak bisa 5.813 pesesta ikuti SDK sekaligus bersamaan. Pemkab pun memutuskan SKD akan dilakukan sebanyak 5 sesi tiap harinya, kecuali hari pertama dan Jumat yang hanya 4 sesi.

“Setiap sesi pelaksanaan SKD akan diikuti oleh 155 peserta dengan waktu ujian selama 90 menit. Seleksi SKD CPNS ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT),” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian.

Dengan sistem CAT dikatakan Yulius, peserta SKD bisa langsung mengetahui hasilnya pada saat selesai mengerjakan soalnya. Petugas dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang menjadi pengawas SKD langsung.

“Hasil nilai SKD ini akan ditayangkan di layar TV monitor Kantor Bupati. Kalau memungkinkan via videotron yang ada di depan alun-alun Kraksaan juga akan kami tampilkan,” katanya.

RENCANA DITAYANGKAN: Videotron di alun-alun Kraksaan. Rencananya saat tes SKD, akan ditayangkan di videotron ini. (Foto dok)

Oleh karena, kata Yulius, pihaknya berharap semua peserta SKD benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sebab, saat memasuki ruangan SKD, peserta hanya diperkenankan membawa nomor peserta tanda ujian.

”Sementara untuk soal yang membutuhkan teknik penghitungan, peserta akan mendapatkan pensil dan kertas yang sudah disiapkan panitia,” ungkapnya. (mas/fun)