Siagakan Toilet Portable untuk Antisipasi Bila Ada Warga Mengungsi saat Bencana

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Banyak hal yang di persiapkan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Probolinggo untuk kesiagaan bencana. Seperti antisipasi hingga penangan saat bencana terjadi. Termasuk ketika bencana yang mengharuskan masyarakat mengungsi, BPBD menyiagakan toilet portable untuk bencana.

Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan setidaknya 14 toilet portable untuk antisipasi kebutuhan masyarakat ketika ada bencana yang mengakibatkan air dan fasilitas disuatu daerah terdampak bencana terganggu. “Kami tidak pernah tahu kapan terjadi bencana. Bukan berarti berharap terjadi bencana, mengingat beberapa minggu yang lalu Probolinggo di landa bencana angin,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan toilet ini akan di lakukan seperti saat terjadi bencana seperti erupsi di suatu wilayah yang memiliki gunung aktif, longsor, banjir, dan bencana lainnya yang menyebabkan pengungsian bagi warga.  “Mengingat kejadian bencana erupsi di Malang, saat ada warga mengungsi. Sehinga tempat mandi, cuci dan kakus sulit. Jadi, kami siagakan dari sekarang untuk kakusnya. Selain itu mengingat bencana banjir bandang yang terjadi di kecamatan Tiris, menyebabkan susah air,” ujarnya.

Toilet portable milik BPBD salah satunya di fungikan saat Natal dan Tahun Baru, yang ditempatkan di pos pantau polisi untuk kebutuhan kaskus petugas dan para pengendara. Selain itu pada saat terjadi bencana dan membutuhkan banyak fasilitas toilet portable, pihaknya siap berkoordinsi dengan pihak lain dalam pemenuhan fasilitas tersebut.  (mg1/fun)