Perbaikan Alun Alun Kraksaan Hampir Rampung

KRAKSAAN, Radar Bromo –Pembenahan alun-alun Krkasaan terus dilakukan. Kelanjutan proyek ini direncanakan selesai hingga akhir tahun ini. Meski begitu, beberapa fasilitas tambahan yang dibangun sudah mulai nampak dan mulai dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Probolinggo selaku penanggung jawab proyek tersebut mengatakan, hingga saat ini kelanjutan pembenahan alun-alun Kraksaan itu telah mencapai 80 persen. Pelaksanaannya telah dilakukan beberapa pekan lalu.

“Pengerjaannya hanya tinggal beberapa persen saja. Target selesainya sendiri pada Desember mendatang. Namun pihak kami optimis sebelum Desember pengerjaanya akan selesai. Mengingat progresnya sangat cepat,” ujar Prijono.

Pada anggaran perbaikan ini, sejumlah anggaran Rp 180 juta digelontorkan. Dimana anggaran tersebut diperuntukan pada penambahan fasilitas penunjang keindahan alun alun Kraksaan. Salah satunya adalah pembatas kendaraan bermotor yang dibangun ditiap pintu masuk.

“Beberapa fasilitas tambahan dilakukan, guna menambah ketertarikan waraga agar dapat berkunjung ke alun-alun. Sebab itu kan tempat umum. Salah satunya fasilitas pembatas kendaraan bermotor yang dibuat dengan sedemikian rupa,” ujarnya.

Sementara itu, Qoher 24, salah satu pengunjung di alun-alun Kraksaan menuturkan bahwa adanya fasilitas tambahan ini memang sudah ditunggu oleh para pengunjung. Salah satunya adalah pembatas kendaraan bermotor tersebut. Disamping itu juga ada bangunan atau asesoris ruang terbuka yang menggunakan batu-batu.

“Awalnya saat alun-alun baru dibangun dan telah selesai saya kira pembatasnya akan menggunakan Tong besi itu sudah. Eh saat saya berkunjung lagi ternyata sudah dibangun seperti boneka-bonekaan. Semoga saja pengerjaan cepat selesai. Sebab, bahan mentah yang digunakan cukup menggangu pemandangan,” ujarnya. (mu/fun)