alexametrics
25C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Tahun Depan Hanya Mampu Rehab Satu Pasar di Kab Probolinggo

KRAKSAAN, Radar Bromo – Jatah anggaran DAU (dana alokasi umum) Kabupaten Probolinggo tahun depan dipastikan merosot drastis. Kondisi itu berpengaruh pada rencana pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya, pembangunan rehab pasar tradisional tahun depan, hanya direncanakan satu pasar.

Tahun 2021, sesuai penetapan APBN, anggaran DAU Kabupaten Probolinggo hanya sekitar Rp 956 miliar. Padahal, tahun ini setelah terkena refocusing anggaran DAU Kabupaten Probolinggo masih mencapai sekitar 1,048 triliun. Sehingga, anggaran DAU tahun depan merosot hingga Rp 91 miliar.

Kasi Pasar di Disperindag Kabupaten Probolinggo, Winda saat dikonfirmasi mengatakan, pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada kegiatan pembangunan. Karena, kuota anggaran DAU Kabupaten dari pusat pun berkurang. Sehingga, tidak dapat alokasikan anggaran pembangunan seperti tahun-tahun sebelumnya.

”Tahun depan tetap kami upayakan dan usulkan untuk kegiatan rehab pasar tradisional. Sesuai program ibu bupati, untuk membenahi pasar tradisional,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Hanya saja, dikatakan Winda, dampak pandemi Covid-19, anggaran DAU berkurang, dan berpengaruh terhadap anggaran kegiatan rehab pasar tradisional. Direncanakan, ada satu pasar tradisional yang akan direhab tahun depan. Kini, pihaknya masih mengajukan dan mengkonsultasikan untuk bisa dampak anggaran tambahan rehab pasar tradisional.

”Tahun depan, direncanakan ada satu pasar yang akan direhab. Untuk kepastian pasar mana, masih kami koordinasikan dengan pusat. Termasuk mengajukan tambahan kegiatan rehab pasar,” terangnya. (mas/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU