alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Retribusi Pasar di Kab Probolinggo Masih Tercapai 54 Persen

KRAKSAAN, Radar Bromo – Pembatasan operasional pasar yang dilakukan Pemkab Probolinggo berdampak pada target retribusi pasar. Kendati target sudah diturunkan, capaian target masih kurang 46 persen dari total target.

PLt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami menuturkan bahwa sebelum adanya pandemi, pihaknya mendapatkan target retribusi pasar sebesar Rp 3,9 miliar. Namun sejak pandemi melanda pada bulan April lalu, ada pembatasan jam operasional pasar dan pembebasan retribusi pasar pada pedagang. Sehingga target diturunkan menjadi Rp 2,6 miliar.

“Awal September mulai diberlakukan kembali retribusi pasar. Sampai dengan akhir September masih tercapai 54 persen. Jika dinominalkan sekitar Rp 1,4 miliar, sisanya masih terus kami kejar,” ujarnya.

Menurutnya, pada tiga bulan terakhir di tahun ini, Disperindag bekerja keras untuk mengejar sisa target yang ada. Evaluasi kebijakan pasar dilakukan bersama koordinator pasar di masing-masing wilayah. Upaya yang dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengangkat pendapatan pedagang pasar. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bayar pedagang.

“Evaluasi masih kami lakukan, termasuk upaya yang dapat membantu untuk meningkatkan pendapatan pedagang pasar. Salah satunya adalah rencana menawarkan dagangan pasar secara online. Ini masih kami matangkan,” katanya.

Taufik menambahkan, peningkatan ekonomi di sektor pasar sangat perlu dilakukan. Sebab selama ada pembatasan jam operasional pasar. Omzet pedagang merosot secara drastis. Sehingga perlu dilakukan langkah strategis agar bisa kembali seperti semula.

“Mengembalikan kesejahteraan pedagang perlu dilakukan dengan cepat dan tepat. Tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Kesehatan tidak boleh dikesampingkan, sebab situasi masih berada di tengah pandemi Covid-19,” ujar Mantan Camat Gading ini. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.