Soal Penusukan Syekh Ali Jaber, Hasan Aminuddin Berharap Ini

DRINGU, Radar Bromo – Kasus penusukan terhadap Syekh Ali Jaber di Lampung, menjadi perhatian banyak pihak. Termasuk DPR RI. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin mendesak kepolisian mengusut tuntas kasusnya. Serta, memberikan rasa aman kepada para tokoh agama.

“Bukan hanya mengusut secara tuntas pelaku penusukannya, tetapi harus menyikapi serius dengan menjamin keamanan tokoh agama di Indonesia,” ujarnya, kemarin.

Suami Bupati Probolinggo Puput Tanriana Sari itu mengatakan, kepolisian harus mengusut orang tua pelaku penusukan dengan memeriksanya. Bila ternyata pengakuan orang tua pelaku penusukan bohong, mereka juga harus diproses secara hukum. Sebab, sudah melakukan kebohongan publik. “Pelaku harus diuji kejiwaannya, apakah benar-benar sakit jiwa atau tidak,” ujarnya.

Melihat peristiwa yang dialami Syeh Ali Jaber ketika berdakwah di Lampung, mantan Bupati Probolinggo ini meminta kepolisian menjamin keamanan para tokoh agama. Supaya peristiwa penusukan kepada tokoh agama tidak terjadi kembali di Indonesia.

“Saya minta Kapolri memerintahkan kepada jajarannya ke tingkat yang paling rendah agar bisa memberikan rasa aman bagi seluruh tokoh agama di seluruh Indonesia dalam menjalankan tugasnya. Apapun agamanya, sebagai tokoh agama harus dilindungi,” ujar politisi Nasdem ini.

Terpisah, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan memastikan, pihaknya beserta semua jajaran berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan semua kegiatan. Termasuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Tentunya kami juga butuh dukungan masyarakat untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” ujarnya. (mas/rud/fun)