Ruang Isolasi di RSUD Waluyo Jati Penuh, Tongas 60 Persen

KRAKSAAN, Radar Bromo – Terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, membuat ruang isolasi khusus di RSUD rujukan penuh. Bahkan, Rumah Sakit (RS) swasta pun ikut membantu membuka ruang isolasi untuk pasien Covid-19. Mengingat, ruang isolasi RSUD Waluyo Jati Kraksaan sudah penuh. Sedangkan RSUD Tongas, sudah terisi 60 persen.

Kondisi tersebut disampaikan dr. Dewi Veronica selaku Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Saat dikonfirmasi kemarin, Dewi mengatakan, ketua Satgas sudah menginstruksikan agar diupayakan adanya penambahan tempat tidur dan ruangan isolasi Covid di RSUD Waluyo Jati. Tetapi hal tersebut juga dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan tenaga kesehatan yang ada.

”Untuk RSUD Waluyo Jati sudah terisi 100 persen atau penuh. Kemarin sempat ada penambahan 15 ruang isolasi dewasa dan 10 ruang isolasi anak-anak, tetapi sudah langsung terisi penuh dengan kapasitas 45 tempat tidur,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Kondisi di RSUD Tongas dikatakan Dewi, hampir sama. Dengan kapasitas 65 tempat tidur, saat ini sudah terisi 60 persen. Bahkan, Rumah Sakit Wonolangan Dringu pun juga membantu menyediakan ruang isolasi khusus. Sebanyak 17 tempat tidur dan saat ini sudah terisi 80 persen.

”Berapapun tempat tidur yang disediakan tidak akan pernah cukup jika tidak diimbangi dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Disinggung kondisi per 14 September, lanjut Dewi, ada 636 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Sebanyak 133 kasus di antaranya, masih dirawat di rumah sakit. Selain itu, ada 80 pasien suspect yang juga butuh dirawat di ruang isolasi khusus. (mas/fun)