alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Sering Terjadi Curanmor, Dishub Kaji Tambah Tempat Parkir di Taman

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dua fasilitas umum yang ada di Kabupaten Probolinggo yakni Sumber Lele (SL) Park dan Alun-alun Kraksaan, kerap terjadi pencurian kendaraan bermotor. Hal ini ditengarai karena kurangnya lahan parkir yang aman.

Dua fasum itu dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. Syamsul Huda, sekretaris DLH saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya hanya mengelola taman dan alun-alun. Pihaknya tidak memiliki tanggung jawab mengenai lahan parkir.

“Itu sifatnya fasum. Kami hanya merawat taman. Jika ada bunga rusak atau mati, baru kami yang turun tangan,” terangnya.

Mengenai tempat parkir, lanjutnya, ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sendiri yang menangani. Dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan. “Kalau parkir itu Dishub. Kami tidak berkewenangan atas parkir,” tandasnya.

Heri Sulistiyanto, kepala Dishub saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah berencana melakukan penambahan atas lahan parkir di tempat umum. Namun, karena saat ini kondisi pandemi, maka alokasi anggaran yang telah dipersiapkan terkena refokusing.

“Sebenarnya sudah kami bahas. Sementara alun-alun yang rencananya ada parkirnya. Tetapi, karena pandemi, anggarannya dialihkan,” tandasnya.

Namun, untuk SL Park pihaknya belum membahas. Tetapi, jika memang kondisinya rawan, maka akan dikaji kembali. “Kalau rawan dan memang butuh akan segera kami bahas,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, maraknya pencurian bermotor di fasilitas umum (Fasum) itu karena kurangnya lahan parkir yang aman. Sehingga, pelaku curanmor leluasa melakukan aksinya.

“Untuk kejadian itu perlu adanya kerja sama antarlembaga. Tidak mengandalkan pihak kepolisian saja. Salah satunya tempat parkir aman harus tersedia,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kejadian pencurian kendaraan bermotor di SL Park sudah tujuh kali terjadi pada tahun ini. Semua kendaraan yang dicuri tersebut, diparkir di bahu jalan. Begitu juga di Alun-alun Kraksaan. Titik rawan berada di bagian sisi timur. Terakhir, beberapa hari lalu, ada insiden pencurian motor yang hilang saat ditinggal pemiliknya ketika beli cilok. (sid/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dinaikkan di P-APBD, Target PBB-P2 di Kab Pasuruan Sudah Terlampaui

Target penerimaan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Pasuruan dinaikkan di Perubahan APBD (P-APBD).

BPBD Ajukan Tambah Truk Tangki-Mobil Double Cabin

Armada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan saat ini dinilai kurang memadai.

Lanjutan Proyek PLUT-KUMKM Kembali Diusulkan Tahun Depan

Pemkot Pasuruan sejatinya sudah berencana melanjutkan proyek itu menggunakan APBD tahun ini. Namun, batal karena realokasi anggaran untuk Covid-19.

Kurang Sebulan, Proyek Pasar Gondangwetan Baru 45 Persen

Masuk akhir November ini, pengerjaan revitalisasi Pasar Gondangwetan saat ini masih 45 persen.

Dana Banpol di Kab Probolinggo Tahun 2021 Tak Naik

Pemkab Probolinggo memastikan rencana hibah dana bantuan politik (banpol) tahun depan sama dengan tahun ini.