alexametrics
26.3 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Finishing Gedung Kesenian Kab Probolinggo Dilanjut Tahun Depan

KRAKSAAN, Radar Bomo – Pandemi Covid-19 juga berimbas kepada beberapa proyek pembangunan selain infrastruktur di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya ialah pembangunan gedung kesenian yang dipastikan tidak akan dilanjut pada tahun ini. Alasannya, apalagi jika bukan karena anggaran di-refocusing.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, pembangunan gedung kesenian telah dilakukan sejak 2019. Rencananya akan dilanjut pada tahun ini. Namun, imbas dari adanya kelanjutan pembangunan ditunda hingga tahun depan.

“Pada tahun 2019 pengerjaan dilakukan pada fisik fondasi gedung. Nah, rencananya pada tahun ini finishing. Karena ada pandemi Covid-19 dan anggaran dialihkan, maka akan kembali kami anggarkan tahun depan,” ujarnya saat ditemui Jumat (14/8).

Anggaran pada pembangunan gedung kesenian tersebut adalah Rp 1,76 Miliar. Pengerjaannya dua tahap. Pada tahap pertama anggaran pembangunan Rp 860 juta, kemudian pada tahap kedua, yakni finishing adalah Rp 900 juta.

“Pengerjaannya hanya tinggal pembangunan atap dan interior yang berada di dalam,” ujarnya.

Sugeng mengungkap, dengan dibangunnya gedung kesenian yang berada di dekat Taman SL Sumber Lele, harapannya pemerintah ingin memajukan pelestarian budaya dan kesenian yang ada di Kabupaten Probolinggo. Selain itu guna untuk memberi wadah para seniman untuk dapat memiliki tempat dalam memperkenalkan hasil karyanya.

“Harapannya dapat menjadi sentral berkumpulnya para seniman setempat. Mengingat konsep gedung yang outdoor, para seneminan nantinya dapat menampilkan karya seninya di gedung terbut,” ujarnya.

Ditundanya pembangunan gedung kesenian tersebut tentu saja disayangkan beberapa komunitas seni setempat. Sebab gedung kesenian adalah simbol dari adanya kesenian yang ada di daerah.

“Harapannya dapat segera selesai. Sebab, gedung kesenian menjadi sebuah simbol dan salah satu apresiasi pemerintah kepada kesenian dan budaya. Tentunya dengan adanya gedung kesenian itu nantinya akan ada banyak kegiatan seni di dalamnya, sehingga memang sangat penting,” ujar Mujibu Rahman, ketua komintas ARANG, salah satu komonitas seni yang bergerak di berbagai jenis seni.

Dia menambahkan, pembangunan Sumber Daya Manusia di bidang kesenian juga harus lebih diperhatikan. Mengingat, karya para seniman setempat sudah banyak yang berhasil go nasional maupun internasional.

“Perlu kiranya pemerintah melihat secara jeli pengembangan SDM. Sehingga adanya gedung kesenian pada akhirnya dapat maksimal,” ujar pria yang masih lajang tersebut. (mu/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pengedar Sabu asal Nguling Dibekuk di Lumbang Probolinggo

Johan, 32, warga Desa Sanganom, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, diciduk Satreskoba Polres Probolinggo.

Berangkat Kerja, Warga Sumberdawesari Grati Tewas Tertabrak Truk

Korban diduga hendak mendahului kendaraan yang di depannya dari sisi kanan, bersamaan itu, ada truk kontainer yang melaju dari arah berlawanan.

CBR Tabrak Pejalan Kaki di Pandaan, Dua Korban Terluka

Dalam kejadian laka lantas ini, posisi pengendara motornya berada di pihak yang kurang menguntungkan.

Ada Gangguan di Ruang Penggilingan Batu Bara, PJB Unit 9 Terbakar

Pemulihan peralatan-peralatan yang rusak yang akan membutuhkan waktu perbaikan selama 3-5 hari.

Angkut 4.840 Liter Solar, Kapal Terbakar di Gili Ketapang  

Saat pemindahan solar menggunakan mesin pompa, diduga mengalami kebocoran selang.