Perlu Bangun Pasar Sayur di Sumber Agar Harga Tak Anjlok

SUMBER, Radar Bromo – Banyaknya petani yang mengeluh lantaran harga sayur anjlok, membuat komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo turun melakukan inspeksi mendadak (sidak). Dewan lalu berharap agar Pemkab Probolinggo membangun pasar sayur di wilayah Sumber. Bahkan, ditargetkan tahun 2021, pasar sayur itu dibangun.

Hal itu disampaikan Sugito selaku ketua komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo. Saat dikonfirmasi, Minggu (13/9), kondisi di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya soal harga tembakau yang anjlok. Tetapi, harga sayuran juga murah. Kondisi itu, terungkap adanya aduan dari masyarakat wilayah Kecamatan Sumber.

”Mendapatkan aduan dari petani sayur di daerah Sumber, kami pun naik ke Sumber melihat kondisi dan persoalannya,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Sugito mengungkapkan, harga sayur anjlok salah satu faktor, tidak adanya pasar sayur di daerah atas. Kondisi itu membuat petani yang menjual ke pasar di daerah bawah, dengan biaya lebih mahal dan harga murah. Berbeda, saat ada pasar sayur di wilayah Sumber, petani bisa tampung hasil panen itu di pasar tersebut jika kondisi harga belum mendukung.

”Kami akan berupaya usulkan pembangunan pasar sayur di Desa Pandansari Sumber. Karena paling banyak hasil tanaman sayur ini dari di Sumber. Kami upayakan tahun 2021, pasar sayur itu bisa dibangun,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim saat dikonfirmasi mengatakan, pembangunan pasar sayur di wilayah Sumber itu sangat dibutuhkan. Karena, pasar adalah salah satu penompang perekonomian masyarakat, terutama bagi petani sayur di wilayah Sumber dan sekitarnya. Sehingga, dirinya pun akan usulkan rencana pembangunan pasar sayur itu di rencana APBD 2021 nanti.

”Nanti kami akan minta pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), untuk diajukan pembangunan pasar sayur di Sumber melalui APBD 2021. Sehingga, tahun 2021 bisa terealisasi dan segera dimanfaatkan petani sayur di wilayah Sumber dan sekitarnya,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Taufiq Alami saat dikonfirmasi mengaku, menyambut baik usulan dari DPRD terkait rencana pembangunan pasar sayur di Sumber tersebut. Pihaknya sudah koordinasi dengan Camat Sumber, untuk usulan pasar sayur di Sumber.

”Nanti akan kami ajukan dalam rencana APBD 2021, untuk pembangunan pasar sayur di Sumber itu. Untuk kepastian lokasinya, akan ada koordinasi lebih lanjut dengan camat dan kepala desa setempat,” ungkapnya. (mas/fun)