alexametrics
26.3 C
Probolinggo
Thursday, 29 October 2020

Penyaluran BLT DD Tahap Kedua Baru 30 Persen, Desa Masih Musdessus

KRAKSAAN, Radar Bromo – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap kedua yang bersumber dari dana desa di Kabupaten Probolinggo, masih terus berjalan. Namun, sejauh ini bantuan untuk warga terdampak pademi Covid-19 ini baru tersalurkan 30 persen.

Dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, terdapat 98 desa yang telah menyalurkan BLT tahap kedua kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Data terakhir hari Sabtu (11/7), masih proses penyaluran bantuan kepada KPM. Sebanyak 18.887 KPM telah menerima BLT-DD tahap kedua,” ujar Kepala PMD Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto.

Menurutnya, jumlah itu setiap hari akan bertambah. Sebab, proses pencairan bantuan di 325 desa se-Kabupaten Probolinggo, terus berjalan. Penyaluran bantuan dilakukan dengan cepat setelah dana desa dicairkan.

Dari seluruh desa, ada perubahan data penerima BLT-DD yang sudah diubah melalui musyawarah desa khusus (musdessus). Perubahan terjadi karena ada warga yang terdata sebagai KPM, namun telah meninggal dunia dan mengundurkan diri karena merasa sudah mampu.

“Mayoritas desa telah melakukan penyesuaian data penerima bantuan. Namun, kuota penerima jumlahnya masih sama. Ini memang kami tekankan agar bantuan benar-benar tepat sasaran,” jelas Edy.

Dinas PMD juga melakukan pengawasan dan pergerakan jumlah penerima penyaluran bantuan secara langsung. Yakni, dengan menurunkan pegawainya mengecek ke desa-desa. Langkah ini akan dilakukan sampai batas penyaluran BLT-DD selesai.

Menurut Edy, perubahan KPM masih dapat dilakukan bila bantuan yang diberikan dirasa belum sesuai aturan yang dikeluarkan pemerintah. “Pelaksanaan di lapangan diupayakan sesuai aturan. Makanya, setiap pelaksanaan diterjunkan pegawai untuk mengawal. Bantuan yang diberikan untuk membantu kebutuhan pangan saat pandemi,” ujarnya. (ar/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dewan Pers Dorong Disusun SOP Liputan Aksi Unjuk Rasa

jurnalis rentan dan berpotensi menjadi korban kekerasan saat liputan unjuk rasa.

Dilema Normalisasi Kalimati; Wacana Penggusuran demi Atasi Banjir  

Bila rencana itu dijalankan, 1.208 bidang di tujuh desa/kelurahan yang ada di tiga kecamatan, Kabupaten Pasuruan bakal tergusur.

Tak Ada Lagi Pasien Covid-19 yang Diisolasi di Hotel Kab Pasuruan    

Jumlah pasien korona di Kabupaten Pasuruan mulai terkendali.

Dalam Waktu 7 Menit, Dua Motor di Petungasri Pandaan Raib

Dua unit motor itu berupa, Honda New Beat bernopol N 4669 TAC dan Honda Vario 125 hitam bernopol W 4771 T.

Sopirnya Ngantuk, Pikap Tabrak Truk di Leces Sampai Ringsek

Untungnya tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian ini.