Siapkan Operasi Lalulintas Hewan Ternak yang Dikirim Keluar Probolinggo

DRINGU, Radar Bromo – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo bersiap menggelar operasi lalu lintas hewan. Operasi ini digelar untuk memberikan kualitas bagus saat dilakukan penjualan hewan ternak di luar daerah.

Yukti Widiatmaningsih. Kabid Keswan Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo mengatakan, tahun lalu dalam oprasi hewan setidaknya pihaknya mencatat ada empat jenis hewan dan satu jenis barang. “Kami mencatat ada 3.805 ekor sapi, 541 ekor kambing, 820 ekor domba, 5 ekor kerbau, dan 6.542.064 butir telur tetas yang sudah keluar dari Probolinggo menuju luar Jatim,” ujarnya.

Yukti mengatakan, operasi lalu lintas itu dilakukan di beberapa titik yang menjadi lintasan kendaraan pengangkut hewan maupun telur tetas. Salah satunya di Jalan raya Paiton, Leces, dan Tongas. “Tahun ini mungkin ditambah Kraksaan,” ujarnya.

Seperti tahun lalu dalam pelaksanaannya, pihak DPKH Kabupaten Probolinggo akan menggandeng Dinas Perhubungan, Satpol PP dan kepolisian untuk menjalankan operasi lalin hewan. “Dalam operasi tersebut akan dilakukan pengecekan Surat Keterangan Kesehatan (SKK) hewan. Sehingga apabila tidak membawa atau memiliki, maka akan ada teguran. Pelaksanaannya mengikuti pasaran yang ada di dalam Probolinggo sendiri maupun yang luar daerah,” ujarnya. (mg1/fun)