Arsip Kian Bertambah, Dispersip Bakal Tambah Gudang Baru

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menambah gudang untuk penyimpnan arsip. Hal itu tidak terlepas dari adanya ribuan arsip baru yang diterima oleh dinas tersebut sepanjang 2019.

Sebelumnya, gudang arsip milik Dispersip setempat ada tiga. Pertama terletak di samping rumah dinas Wakil Bupati di jalan Suroyo, Kelurahan/Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo; Kedua di Dringu, dan ketiga di kantor Dispersip setempat di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan. Nah, gudang yang baru berada di Kecamatan Dringu lagi.

Tercatat ada 7881 arsip yang diterima oleh Dispersip setempat sepanjang 2019. Hal itu membuat pihak Dispersip menggunakan sebuah ruangan di kantor lamanya untuk dijadikan gudang arsip. Pasalnya, jika ribuan arsip tersebut ditempatkan di gudang sebelumnya, maka kapasitasnya sudah tidak memenuhi lagi.

Record Centre (istilah untuk gudang arsip dinamis, Red) kami memang sudah penuh. Makanya kami gunakan ruangan yang dulunya ruangan fungsional di kantor kami yang lama di Dringu itu sebagai gudang arsip yang baru. Kebetulan tidak terpakai ruangannya sekarang,” ujar Indah Setyaningsih, Arsiparis Dispersip kabupaten setempat.

Indah menambahkan, belasan ribu arsip tersebut merupakan jenis arsip dinamis yang inaktif dan yang memiliki yang Jadwal Retensi Arsip (JRA) – di atas 10 tahun. Sedangkan untuk arsip dinamis yang aktif masih tersimpan di tempat arsip masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Indah menyampaikan, dari ribuan arsip yang diterimanya pada 2019 lalu itu, tercatat, Bagian Pemerintahan Kabupaten Probolinggo menyumbangkan setoran arsip terbanyak. Dengan adanya ribuan arsip baru itu, kini arsip dinamis inaktif yang tersimpan di Dispersip setempat mencapai 17.710 arsip. (mg1/fun)