alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Tahun 2021 Tidak Ada Anggaran Perbaikan TPS di Kab Probolinggo

PAITON,Radar Bromo – Sama seperti tahun kemarin, tahun ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo kembali tidak akan memperbaiki tempat pembuangan sampah (TPS). Alasannya juga sama, keterbatasan anggaran.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo Zaenal Ansori mengatakan, pada 2020, pihaknya berencana memperbaiki TPS Paiton dan Gili Ketapang. Namun adanya pandemi Covid-19, membuat rencana itu gagal karena anggarannya terdampak refocusing untuk penanganan Covid.

“Kalau tahun lalu anggarannya dialihkan, tahun ini anggarannya yang memang tidak ada. Jadi, jangankan TPS yang mana yang mau direhab, rencana saja tidak ada karena anggarannya kurang,” jelasnya.

Ia menyebutkan, tahun ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut pihaknya tidak memperbaiki TPS. Terakhir, pada 2019, pihaknya berhasil merehab 3 TPS di Kecamatan Kraksaan. Yakni, TPS Semampir, Kraksaan Wetan, dan Patokan.

“Sebenarnya perbaikan TPS penting untuk menjaga daya tampung TPS. Terlebih akhir-akhir ini produksi sampah meningkat. Tapi, kendalanya anggarannya yang tidak ada,” ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku akan tetap berupaya menganggarkan kegiatan perbaikan TPS dalam Perubahan APBD. Sehingga, kegiatan rehab TPS yang sejatinya sudah terkonsep bisa tetap terlaksana. “Barangkali di PAK nanti bisa dianggarkan, jadi konsep rehab TPS yang sudah ada, utamanya untuk TPS Paiton dan Gili Ketapang, bisa terlaksana,” ujarnya.

Zaenal berharap, meski tahun ini pihaknya tidak menganggarkan perbaikan TPS, warga tetap dapat memaksimalkan fungsi TPS. “Yang ada ini dimaksimalkan dulu. Kalau pengangkutan kami terus lalukan, kecuali Minggu. Sekalipun libur nasional, kami akan terus angkut,” ujarnya. (mu/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU