alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Rampung Dibangun, Gedung PMI Tunggu Penyerahan Pemkab

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sebuah gedung yang dicanangkan untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo, telah rampung dibangun sejak tahun kemarin. Namun sampai kemarin bangunan di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, itu belum difungsikan. Alasannya, selain masih perlu dilakukan penyempurnaan, juga menunggu penyerahan dari Pemkab Probolinggo.

Kini, gedung PMI Kabupaten Probolinggo berada satu kompleks dengan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Rencananya, gedung lama itu akan dialihfungsikan untuk perluasan RSUD. Sebagai gantinya, Pemkab Probolinggo membangun gedung baru untuk PMI.

“Secara umum mungkin sudah mencapai 95 persen, masih perlu dilakukan penyempurnaan hingga benar-benar siap difungsikan,” ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Probolinggo Sugianto.

Gedung PMI yang telah rampung ini sedianya akan digunakan untuk Markas PMI dan Unit Transfusi Darah (UTD). Sebagai markas, pihaknya telah menyatakan siap pindah. Sedangkan, untuk UTD masih akan dilakukan penyesuaian.

Sebab, untuk memindahkan beberapa peralatan perlu ketersediaan jaringan listrik yang memadai, sehingga perlu dilengkapi. Penempatan pos-pos unit juga masih dipertimbangkan demi kenyamanan.

“Gedung baru nantinya untuk markas, segala kegiatan kepalangmerahan akan dipusatkan. Nah, untuk UTD masih perlu pemindahan peralatan, jadi perlu ada penyesuaian,” katanya.

Selain melengkapi sarana dan prasarana, Sugi mengatakan, hingga kini masih menunggu proses penyerahan gedung dari Pemkab kepada PMI. Kondisi yang masih belum memungkinkan akibat pandemi, membuat penyerahan belum juga dilaksanakan. Sebab, Pemkab masih memprioritaskan percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami masih menunggu penyerahan gedung untuk difungsikan. Komunikasi dengan Pemkab, sudah kami lakukan. Tapi, karena fokus vaksinasi, jadi penyerahan masih tunda,” ujarnya. (ar/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU